Tempat Wisata Pantai Logending Di Kebumen Nan Elok

Kab. Kebumen : Kaya akan pulau, Indonesia memiliki berjuta pantai dengan keindahan luar biasa. Pantai-pantai nan elok di pandang mata itu tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dari Sabang sampai dengan Merauke berjajar pantai-pantai indah. Salah satunya berada di wilayah Jawa Tengah, terutama yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia (wilayah pantai selatan). Di pulau Jawa sendiri banyak wilayah kabupaten yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Sehingga wilayah-wilayah tersebut memiliki pemandangan pantai yang indah.

Salah satu wilayah pulau Jawa yang memiliki keindahan pantai itu adalah wilayah kabupaten Kebumen. Secara administratif, kabupaten Kebumen masuk ke dalam wilayah pemerintahan daerah Jawa Tengah. Kabupaten Kebumen memiliki karakteristik geografi yang tergolong unik. Karena memiliki kontur wilayah pegunungan dan pantai. Dan dengan kontur seperti itu, tidak heran jika kabupaten Kebumen memiliki tempat wisata pantai yang elok. Salah satunya adalah Pantai Legending nan elok, perpaduan wisata pantai dan pemandangan hutan.

Tempat Wisata Pantai Logending Di Kebumen

Pantai Logending Kebumen ini memiliki kontur geografi yang cukup unik. Karena salah satu pantai di Kebumen ini memiliki perpaduan antara wisata bahari dengan wisata hutan. Keindahan hutan yang masih asri juga menyertai keindahan pantai ini. Pantai ini berada di Desa Ayah yang masuk wilayah kecamatan Ayah, sehingga pantai ini juga dikenal oleh masyarakat Kebumen sebagai Pantai Ayah. Jarak dari pusat kota Kebumen sekitar 53 KM, dengan berkendaraan kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sebagai salah satu pantai yang berada di laut selatan, pantai Logending sarat akan nuansa mistis Nyai Roro Kidul. Masyarakat sekitar pun masih meyakini keberadaan barang-barang di wilayah tersebut sebagai barang-barang yang ada kaitannya dengan Nyai Roro Kidul. Seperti halnya batu-batuan karang yang tersebar merata di area tersebut, salah satu yang terkenal adalah batu karang yang berbentuk seperti seekor beruang yang sedang minum air laut.

Terlepas dari semua kemistisan pantai Logending Kebumen, keindahan panorama bahari yang dipadukan dengan keindahan hutan asri sangatlah mempesona setiap pengunjung yang datang. Pemandangan indah pantai Logending Kebumen dapat dinikmati secara langsung di pantainya maupun dengan berkendara perahu. Di pantai ini terdapat fasilitas persewaan perahu yang akan menempuh rute perjalanan setidaknya 13 KM sepanjang pantai.

Pemandangan bahari di Pantai Logending Kebumen didominasi oleh pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang sangat bersih. Deburan ombak berwarna putih yang bertemu dengan rimbunan karang juga menambah eksotisme Pantai Logending. Pengunjung dapat memandang secara lepas ke berbagai arah penjuru. Jika ingin menikmati pemandangan laut dan pantai, menghadaplah ke arah pantainya. Dan jika ingin memanjakan mata dengan hijaunya dedaunan hutan, berbaliklah dan lihatlah hamparan hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Kedu Selatan.

Wisata Pantai Logending Kebumen
Objek Wisata Pantai Logending Kebumen (ref: wisataalam1.blogspot.co.id)

Fasilitas Pantai Logending Kebumen

Berbicara soal fasilitas yang menyertai pantai ini, banyak pengunjung yang pernah datang mengatakan fasilitas pantai Logending adalah yang paling lengkap di antara beberapa objek wisata pantai di Kebumen lainnya. Dan setelah kita lihat dan data memang benar apa yang mereka katakan. Fasilitasnya sangat memadahi dan terjaga. Berikut adalah beberapa fasilitas Pantai Logending yang dapat dinikmati oleh pengunjung:

  • Persewaan perahu wisata dengan rute yang cukup memuaskan.
  • Area parkir luas dan tertata.
  • Areal lapangan perkemahan.
  • MCK tersedia.
  • Penginapan.
  • Tempat bermain aman untuk anak-anak.
  • Persewaan kuda.
  • Persewaan ATV.
  • Kawasan kuliner di dekat pantai.
  • Pusat informasi pariwisata.

Tidak jauh dari pantai ini terdapat lokasi lain yang cukup unik dan bernilai edukasi tinggi. Tempat tersebut adalah tempat penangkaran ubur-ubur. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan anak-anak untuk memberikan edukasi yang baik mengenai kelestarian alam, khususnya ubur-ubur sebagai biota laut yang harus tetap terjaga keberadaannya.

Tarif Masuk Pantai Logending Kebumen

Perkiraan biaya masuk per orang Rp5.000,- (tidak termasuk biaya sewa fasiltias)

 

Jadi tidak ada salahnya suatu saat Anda bersama dengan keluarga berkunjung ke tempat wisata pantai Kebumen ini. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!

Written by Owner

Owner Potensi Jateng has written 126 post in this blog.

Potensi Jateng com adalah website personal yang mengupas tentang potensi Jawa Tengah yang kadang masih terbelenggu. Tercipta dengan dasar hobi traveling dan menulis dari pembuatnya, menjadi inspirasi untuk membangun website dengan tujuan Mengenal Lebih Dekat Jawa Tengah.

Bagikan : Share on Facebook2Tweet about this on TwitterShare on Google+0Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *