Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali

Kab. Boyolali : Tempat wisata yang menarik dan alami, sejuk dan indah, tertata dan terawat, fasilitas memadahi dan biaya tidak terlalu tinggi, dan pelayanan yang tepat dan cepat merupakan dambaan bagi setiap orang yang ingin menghabiskan waktu liburnya untuk bersenang-senang, terutama dengan keluarga. Salah satu tempat yang menyuguhkan hal-hal tersebut adalah Umbul Tlatar yang ada di kabupaten Boyolali. Tempat ini memang tergolong masih asri dan nyaman, menyatu dengan alam. Fasilitas yang memadahi dan terwata pun dapat dijumpai disini, sehingga pengunjung tidak akan kecewa untuk datang kesini.

Potensi

Umbul Tlatar Boyolali memiliki keanekaragaman wisata yang bervariasi. Inti dari wisata ini adalah keberadaan restoran disepanjang kawasan yang tertata rapi dan bersih. Menu yang disajikan pun tidak tanggung-tanggung. Berbagai jenis masakan berbau ikan dan daging disediakan disini untuk memanjakan lidah para pengunjung. Tempat makan yang nyaman  karena berada di atas sungai buatan yang berbatu dan diairi air gemericik membuat selera makan bertambah sambil menikmati nuansa pedesaan. Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah keberadaan kolam renang yang bermacam-macam kedalaman. Dilanjutkan dengan keberadaan perahu-perahu yang dapat dipakai dengan tarif tertentu di setiap kolam yang telah disediakan. Fasilitas lain adalah keberadaan kolam pemancingan dengan ikan yang bervariasi. Arena ATP pun tersedia bagi anak-anak maupun dewasa yang ingin berjalan-jalan menggunakan motor ATP yang unik. Arena ATP pun tidak tanggung-tanggung, satu ATP mini dijadikan arena untuk ATP ini. Fasilitas lain yang unik adalah adanya lembaga kursus Woodball yang disediakan dan menyatu dengan arena ATP. Semua air yang digunakan adalah air yang selalu mengalir karena sirkulasi yang sudah tertata rapi.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Cinta, Keindahan Dan Mitos Cinta

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kawasan ini seperti restoran, MCK, arena ATP, arena Woodball, kolam renang, taman, perahu, kolam pemancingan, terapi ikan dan lain-lain. Semua dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang.

Akses Jalan

Umbul Tlatar Boyolali berada di desa Kebonbimo Boyolali. Akses jalan menuju ke kawasan ini pun tidak sulit. Dari Salatiga, berjalan ke arah jalur Salatiga-Solo. Setelah perbatasan Salatiga dengan Boyolali berjalan ke arah Boyolali kira-kira 5 KM akan ada sebuah pertigaan dengan plang nama besar Umbul Tlatar Boyolali disisi kanan jalan. Belok ke kiri dan masuk ke pertigaan tersebut kira-kira 4,5 KM. Jalur lurus dan hanya satu tersebut untuk menuju ke Umbul Tlatar.

Artikel Rekomendasi :   Karimun Jawa, Keindahan Kepulauan di Kabupaten Jepara

Estimasi Biaya Masuk

Untuk masuk, ada beberapa tarif yang perlu diperhatikan.

  1. Tarif masuk pintu utama Rp.4000,- /sepeda motor di hari biasa dan Rp.6000,- /sepeda motor di hari libur.
  2. Biaya masuk ke area Rp.5000,- /orang
  3. Biaya fasilitas lain sesuai dengan daftar yang ditawarkan seperti AT, kolam renang, dan lain-lain.

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Pesona Air Terjun di Pegunungan Muria, Kudus

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *