Soto Sukaraja Saus Kacang, Kenikmatan Soto Dari Banyumas

Kab. Banyumas : Indonesia kaya dengan kulinernya, makanan yang paling sedap kita santap di saat cuaca dingin atau hujan yaitu salah satunya adalah “SOTO”. Ada banyak jenis Soto di Indonesia, biasanya disebut dari tempat atau daerah tersebut. Ada soto padang, soto madura, soto Kudus, soto Kadipiro, dan soto Sokaraja yaitu Soto yang berasal dari Kota Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

 

Bagi orang yang berasal dari karesidenan Banyumas tentu sudah tidak asing lagi,soto Sokaraja adalah soto sebagai pengganti nasi, dan dengan ciri khas saus kacang. Saus kacang ini sebenarnya adalah sambal, tetapi biasanya tidak terlalu pedas, sehingga wajar bila disebut sebagai saus kacang, karena penggunaan yang “generous”. 

Artikel Rekomendasi :   Jenang Kudus "Mubarok" di Pusat Oleh-Oleh Sinar 33

Bisa dikatakan saus kacang adalah esesnsi dan pembeda soto Sokaraja dibandingkan soto dari daerah lain. Kita bisa makan soto ini dengan nasi atau “ketupat”.

Rata – rata soto di Kabupaten Banyumas memang berkiblat pada soto Sokaraja yaitu ciri khas saus kacang. Disepanjang jalan raya utama Sokaraja, berderet penjual soto Sokaraja. Sehingga soto ini selalu menjadi incaran bagi warga lokal Banyumas dan juga di luar dari Banyumas.

Soto disini terasa betul segarnya, dagingnya yang baru dan wiiww daging yang empung luar biasa. Empuknya itu benar-benar terasa ungkulnya atau utuh dengan bumbu yang sangat meresap. Tidak hanya dagingnya tapi kaldu baru yang segar.  

Artikel Rekomendasi :   Sarang Madu, Oleh-Oleh Cemilan Khas Kabupaten Pati

Harga Soto Sokaraja bervariasi tergantung di rumah makan mana kita menikmatinya. Rata – rata Soto Sokaraja adalah Rp. 6.000,- per porsi. 

Jika Anda tak percaya dengan keenakan soto ini, coba saja rasakan…pasti Anda akan menambah semangkuk lagi karena segarnya yang luar biasa.

 

Sumber : BeritaDaereah.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *