SAUTO, KULINER KHAS TEGAL DENGAN CITA RASA UNIK

Kab. Tegal : Kabupaten Tegal dikenal sebagai kota yang memiliki banyak kuliner ngangenin. Salah satu kuliner khas Tegal adalah Sauto. Makanan apa sih nih? Mungkin sepintas kita mengira makanan ini sama saja dengan soto biasa yang berisi tauge, bihun, ayam, dan kuah kaldu. Tapi ternyata makanan ini sangat berbeda dengan soto loh.

Sauto merupakan makanan khas Tegal yang sering kita jumpai ketika mengunjungi kota bahari ini. Makanan ini banyak dijajakan di sepanjang jalan kota Tegal. Cara penyajian sauto terdiri dari nasi, tauco, lalu diberi tauge diatasnya, ditambah daun bawang, ayam suwir atau tetelan sapi, lalu disiram dengan kuah kaldu panas, ditambahkan taburan bawang goreng dan kecap.

Sauto Khas Tegal

Sauto, Kuliner Khas Tegal Dengan Cita Rasa Unik

Yang unik dari sauto ini adalah adanya tauco. Tauco sendiri merupakan hasil olahan dari kedelai yang direbus kemudian diaduk dengan tepung terigu lalu direndam dengan air garam. Proses selanjutnya disimpan dalam kuali dari tanah liat dalam jangka waktu tertentu hingga proses fermentasi berlangsung. Karena melewati proses fermentasi, tauco ini memiliki cita rasa gurih dan asam sekaligus. Tauco sendiri memiliki manfaat baik bagi kesehatan badan.

Artikel Rekomendasi :   Lezatnya Kerang Srimping Pak Sangklak Semarang

Dilihat dari komposisinya, sauto memang lebih kental dan unik, hampir mirip dengan kari.  Rasa tauco yang gurih dan asam dipadukan dengan bahan lain menambah nikmatnya kuliner khas Tegal ini. Saat pertama mencobanya tentu sedikit aneh karena adanya tauco didalamnya. Bagi yang tidak biasa atau yang belum pernah pasti merasakan rasa yang asing di lidah. Tapi ketika sudah menghabiskan satu mangkuk, dijamin kamu akan ketagihan akan nikmatnya sauto ini.

Porsi umum yang dijual di Tegal disajikan dengan porsi mangkuk berukuran kecil. Kelihatannya sih memang sedikit, tapi ketika kamu sudah memakannya ternyata cukup banyak dan mengenyangkan. Namun jika masih kurang kenyang kalian bisa nambah kok, jangan khawatir. Karena tidak ada pembatasan berapa maksimal porsi untuk menikmati masakan khas Tegal ini.

Artikel Rekomendasi :   Mangut Kepala Manyung Layak Dicicipi

Cara  Menikmati dan Harga Sauto Khas Tegal

Cara menikmatinya, aduk terlebih dahulu sauto secara perlahan dalam mangkuk hingga kuah menjadi coklat kental. Perubahan ini menandai tauco sudah tercampur rata sehingga sudah siap untuk disantap. Untuk menambah cita rasa, biasanya makanan khas Tegal ini sering dinikmati dengan lauk tambahan seperti tahu pletok, sate jeroan, perkedel, kerupuk bahkan sate kambing muda. Biasanya kuliner khas Tegal ini dibandrol dengan harga Rp8.000 hingga Rp12.000 per porsi. Kurang lebih dengan uang Rp20.000, kamu sudah bisa menikmati nikmatnya makanan unik khas Tegal ini dengan pilihan lauk yang beraneka ragam.

Ketika berkunjung ke Tegal, kamu bisa menemukan banyak rumah makan yang menyediakan sauto. Tetapi jika boleh kami rekomendasikan ada satu tempat yang recommended banget untuk kamu coba. Datang saja ke rumah makan Sedap Malam Jenggot yang terletak di Jalan Raya Talang No. 320 RT 9 RW 2, Talang, Tegal, Jawa Tengah (alamatnya dapat ditemukan di Google Maps).

Artikel Rekomendasi :   Fasilitas Dan Oleh-Oleh Sama Uniknya

Nah bagaimana? Tertarik untuk menikmati kelezatan sauto khas Tegal? Silahkan datang ke Tegal dan nnikmati kelezatannya bersama keluarga dan sanak saudara. Berkunjung ke tempat wisata di Tegal belum lengkap sebelum menikmati kuliner Sauto. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati !

Annesha Zain

Anisatul K. Zaen has written 2 post in this blog.

Saya adalah salah satu konstributor Potensijateng.com yang kini sedang menempuh pendidikan S1 Biologi di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto Jawa Tengah. Saya memiliki dedikasi tinggi untuk menulis artikel tentang daerah kelahiran saya, Kabupaten Tegal. Semoga apa yang saya tulis disini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

Bagikan : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *