Rumah Adat Jawa Tengah Membawa Kesan Mewah Di Era Modern

Jawa Tengah : Seperti yang telah diulas sebelumnya dalam artikel Cerminan Sikap Luhur dari Seni Bangunan Rumah Joglo Jawa Tengah mengenai bagian-bagian rumah joglo yang membawa nilai-nilai luhur dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Kali ini kita akan membahas tentang rumah adat Jawa Tengah dengan penuh kesan mewah meskipun berada pada jaman modern. Rumah adat Jawa Tengah yang dulu merupakan lambang strata sosial masyarakat, sekarang ini dimanfaatkan sebagai kekayaan budaya yang dilestarikan lewat bentuk-bentuk penggunaan rumah adat Jawa Tengah atau rumah Joglo.

Saat ini di era modern, rumah adat Jawa Tengah mulai ditinggalkan oleh kebanyakan masyarakat dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan ketinggalan jaman, sampai ada yang beralasan memiliki kesan mistis yang lebih tajam. Mereka lebih memilih menempati rumah-rumah bertipe modern dengan berbagai alasan juga.

Artikel Rekomendasi :   Alunan Musik Tradisional Tong-Tong Thek

Konsep Baru Melestarikan Rumah Adat Jawa Tengah

Tetapi meninggalkan penggunaan rumah adat Jawa Tengah sebagai tempat tinggal tidaklah semua masyarakat Jawa Tengah melakukannya. Sebagian masyarakat desa mash memilih rumah adat Jawa Tengah sebagai tempat tinggalnya. Dan ternyata tidak hanya itu, justru pemanfaatan rumah adat Jawa Tengah saat ini merambah ke dunia wisata di Jawa Tengah.

Rumah adat Jawa Tengah
Rumah Jolgo, Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah adat Jawa Tengah digunakan untuk mendukung daya tarik wisata bernuansa pedesaan. Wisata dengan konsep nuansa pedesaan saat ini mulai banyak berkembang dan banyak dicari oleh orang. Hal tersebut juga yang mendorong beberapa resort di Jawa Tengah melakukan pengembangan rumah adat Jawa Tengah untuk mendukung hunian yang nyaman dengan nuansa pedesaan yang menyatu dengan alam. Salah satu tempat yang mengangkat tema “Mewah tidak harus Modern, Kuno juga bisa Mewah” adalah Balemong Resort Ungaran dan Joglo Hills Ungaran. Kedua tempat wisata di Ungaran dengan tipe resort ini memberikan kenyamanan tinggal dengan konsep rumah adat Jawa Tengah. Rumah adat Jawa Tengah yang ditampilkan dapat berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Kabupaten di Jawa Tengah). Setiap daerah di Jawa Tengah memiliki bentuk rumah adat Jawa Tengah yang berbeda-beda. Jadi ketika berada di dalam lokasi pengembangan budaya tersebut, rasanya seperti keliling Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Pemandian Air Panas Hangatkan Suasana di Pegunungan Ungaran

Mungkin di luar sana, di daerah lain di Jawa Tengah juga melakukan hal yang sama seperti kedua tempat tersebut. Selain memberikan dampak positif tentang pelestarian budaya, pengembangan konsep rumah adat Jawa Tengah yang mereka lakukan juga dapat menjadi tujuan wisata yang menarik di Jawa Tengah. Semoga peninggalan kebudayaan yang kaya ini dapat terus terjaga dan terlestari dengan cara yang lebih modern.

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 126 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Fasilitas Dan Oleh-Oleh Sama Uniknya
Bagikan : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Tags:
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *