Pesona Agrowisata Kaligua Di Lereng G. Slamet

Kab. Brebes : Tidaklah berlebihan jika mengatakan salah satu objek wisata andalan kabupaten Brebes ini sebagai primadona wisata Jawa Tengah. Dalam kesempatan kali ini, redaksi kami menerima sebuah tema artikel dari seorang rekan di kabupaten Brebes. Tema artikel tersebut mengangkat tentang sebuah objek wisata di Brebes yang sangat terkenal dan mempesona. Letaknya di lereng gunung Slamet yang menjulang tinggi dan memiliki iklim sejuk dan pemandangan mempesona khas pegunungan. Nama dari objek wisata di Brebes tersebut adalah Agrowisata Kaligua yang berupa komplek agrowisata kebun teh yang dirangkai dengan beberapa objek wisata lain yang tak kalah menarik dan bernilainya di Brebes. Berikut ulasan lebih dalam mengenai objek wisata Jawa Tengah, Agrowisata Kaligua Brebes.

Bagi traveler yang menyukai tempat wisata pegunungan yang sejuk dengan hamparan pemandangan hijau mempesona, memilih Agrowisata Kaligua merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat. Apalagi bagi yang menyukai cuaca sejuk dan udara bersuhu rendah, sangatlah disarankan untuk berkunjung ke Agrowisata Kaligua. Bagaimana tidak, salah satu tempat juan wisata Jawa Tengah ini memberikan bentuk pemandangan alam yang mempesona dalam bingkai perkebunan teh yang terhampar luas menghijau.

Artikel Rekomendasi :   Kenyamanan Istirahat dengan Keindahan Rawa Pening Ambarawa

Tempat wisata yang sangat cocok disebut sebagai tempat wisata yang sarat dengan nilai edukasi dan nilai kesehatan ini berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Objek wisata Jawa Tengah yang terdiri dari beberapa lokasi wisata ini didominasi oleh hamparan perkebunan teh yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) dengan kantor pusat di Semarang. Kebun teh ini merupakan sebuah kawasan perkebunan teh peninggalan jaman Belanda yang tetap dilestarikan oleh negara sebagai perkebunan teh negara. Meskipun kawasan ini didominasi perkebunan teh, ada beberapa lokasi wisata lain yang letaknya berdekatan dan satu kawasan dengan Agrowisata Kaligua. Objek wisata lain yang dapat dikunjungi melalui rute ini antara lain adalah objek wisata Telaga Renjeng dan objek wisata Goa Jepang.

Fasilitas Agrowisata Kaligua Brebes

Fasilitas Agrowisata Kaligua Brebes

Agrowisata Kaligua berjarak kurang lebih 15 KM dari pusat kota Bumiayu dengan menempuh jalan utama Bumiayu-Purwokerto. Akses masuk pertama berada di pertigaan Kaligua, Desa Kretek Kecamatan Paguyangan dari jalur utama Bumiayu-Purwokerto. Agrowisata Kaligua memiliki ketinggian kawasan 1200 sampai 2050 MDPL dengan kondisi lahan berbukit yang berada di sisi barata gunung Slamet. Dengan kondisi lahan yang seperti itu dan dengan ketinggian seperti itu, sudah dapat dipastikan kesejukan udara dan keindahan alam pegunungan sangat terjaga.

Artikel Rekomendasi :   Wisata di Waduk Gunung Rowo Pati
Suasana Pagi di Agrowisata Kaligua Brebes

Suasana Pagi di Agrowisata Kaligua Brebes

Agrowisata Kaligua tidak hanya melayani kegiatan wisata tracking perkebunan teh saja, tetapi ada beberapa paket wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Paket wisata yang paling menarik selain tracking perkebunan teh adalah paket wisata flying fox/outbound dan paket wisata keluarga. Selain itu, beberapa penginapan atau villa juga telah disediakan di beberapa titik di tengah perkebunan teh. Jadi pengunjung dapat menikmati suasana tinggal di tengah-tengah perkebunan teh yang mempesona.

View Agrowisata Kaligua

View Agrowisata Kaligua

Tracking perkebunan teh di Agrowisata Kaligua merupakan aktivitas paling disukai oleh pegunjung. Wisatawan berjalan menyusuri perkebunan teh dengan cara melewati jalan setapak di sela-sela rentetan pohon teh yang tumbuh subur. Alas jalan yang masih alami karena terbentuk dari bebatuan yang disusun rapi. Wisatawan dapat berfoto-foto sepuasnya dengan pemandangan background perkebunan teh yang terhampar menutupi beberapa bukit sehingga berwarna hijau mempesona.

Artikel Rekomendasi :   Menikmati Keindahan Perkebunan Kopi dan Bumi Perkemahan Kabupaten Pati

Agrowisata Kaligua biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika waktu liburan sekolah tiba. Tempat ini menjadi pilihan utama warga sekitar Brebes dan beberapa warga luar Brebes untuk menghabiskan waktu liburan. Tiket masuk sangatlah terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000,- per orang dengan fasilitas tiket terusan ke objek wisata Goa Jepang.

Tidaklah salah jika memilih Agrowisata Kaligua sebagai tujuan berwisata hari libur bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Admin sendiri ingin sekali dapat kesana bersama tim untuk menikmati pesona keindahan Agrowisata Kaligua dari dekat. Semoga liburan nanti dapat terwujud untuk rencana kesana.

Special thanks for @dickyJrs1Spirit

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *