Pemandian Air Panas Hangatkan Suasana di Pegunungan Ungaran

Kab. Kendal : Pesona keindahan sebagai ladang wisata Jawa Tengah, pegunungan Ungaran memberikan hamparan keindahan dan manfaat yang jarang ditemui di daerah lain. Lereng pegunungan Ungaran sebelah Barat-Selatan menyediakan nuansa keindahan alam yang menakjubkan sekaligus sarat dengan manfaat bagi manusia. Salah satunya adalah keberadaan Pemandian Air Panas Gonoharjo yang biasa disebut juga dengan nama Nglimut ini berada di Gonoharjo, kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah.

Pemandangan pegunungan yang indah akan menghiasi perjalanan Anda ketika mulai memasuki kawasan wisata Nglimut. Tetapi kali ini yang akan kita ulas adalah objek wisata Jawa Tengah yang terkenal dengan manfaat pemandian air panasnya. Sangat cocok sekali untuk wisata bersama keluarga dengan berendam air panas yang penuh dengan khasiat.

Pemandian air panas Gonoharjo memiliki tempat pamansian air panas dengan hamparan pemandangan alam pegunungan yang hijau. Untuk mencapai tempat pemandian air panas Gonoharjo, kita harus menempuh medan jalan setapak yang lumayan jauh. Jalan sudah tertata baik dan mudah untuk dilalui dengan adanya anak-anak tangga di sepanjang jalur menuju pemandian air panas.

Pana Nama Pemandian Air Panas Gonoharjo
Pana Nama Pemandian Air Panas Gonoharjo

Untuk menuju pemberhentian terakhir atau tempat pembelian tiket Pemandian Air Panas Gonoharjo, kita dapat memilih dua jalur yang berbeda. Dari kota Semarang kita harus menuju Ngaliyan (IAIN Walisongo) yang kemudian dilanjutkan menuju Mijen. Sesampai di Mijen perjalanan dilanjutkan menuju ke Cangkiran dan selanjutnya ke Boja dan Limbangan. Perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari jalur ini. Jalur kedua jika Anda berada di daerah semarang atas atau selatan. Jalur termudah adalah melewati Gunung Pati kemudian dilanjutkan ke arah Cangkiran dan jalurnya kemudian sama dengan yang ditempuh dari jalur pertama. Papan petunjuk jalan menuju pemandian air panas Gonoharjo juga ada di beberapa titip persimpangan untuk mempermudah pengunjung mencapai salah satu tempat wisata di Jawa Tengah tersebut. Jika masih merasa kebingungan untuk mencapai tempat ini, bertanya kepada penduduk sekitar yang ditemui pasti akan memberikan jawaban yang benar, karena mayoritas penduduk di sana sudah mengetahui keberadaan tempat pemandian air panas Gonoharjo ini.

Artikel Rekomendasi :   Nuansa Belanda di Kota Lama Semarang

Tidak akan membosankan perjalanan Anda untuk menuju tempat pemandian air panas ini. Karena di sepanjang perjalanan, Anda akan ditemani hamparan hutan hujan yang menghijau dan memberikan kesejukan udara yang luar biasa dan jarang kita temui di daerah perkotaan.

Sesampai di tempat pembelian tiket masuk pemandian air panas Gonoharjo, Anda akan disambut dengan gapura besar dan lahan parkir besar untuk menampung kendaraan pengunjung yang datang. Di samping pintu masuk (gapura selamat datang) terdapat loket pembelian tiket masuk kawasan pemandian air panas Gonoharjo. Hanya dengan membayar Rp5.000,- per orang untuk hari biasa dan Rp7.000,- per orang untuk hari libur Anda sudah dapat menikmati hangatnya pemandian air panas Gonoharjo.

Artikel Rekomendasi :   Goa Sarabadak, Yellow Sparkling Cave in Banyumas
Sungai Kecil dan terjunan air di Pemandian Air Panas Gonoharjo
Sungai Kecil dan terjunan air di Pemandian Air Panas Gonoharjo

Mandi di air panas yang suhunya dapat mencapai 40 derajat sangat menyenangkan dengan ditemani pemandangan alam gunung Ungaran yang masih asri dan terjaga. Jika bosan dengan berendam air panas, ada aliran sungai kecil yang dibentuk juga ada terjunan cukup besar seperti air terjun yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai melihat dan masuk ke dalam sungai kecil tersebut.

Di bagian luar sendiri terdapat sebuah tempat atau bumi perkemahan yang dipenuhi dengan pohon cemara yang sangat tinggi. Sangat cocok untuk beristirahat dan menikmati kesejukan udara dari poho cemara yang tumbuh subur di bumi perkemahan Gonoharjo ini.

Alamat wisata Jawa Tengah Pemandian Air Panas Gonoharjo terletak di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Di dekat pemandian air panas alami tersebut juga terdapat sebuah taman wisata Nglimut yang sangat terkenal.

Artikel Rekomendasi :   Tirta Nusantara, Tempat Bersantai dan Berlibur Menyenangkan
Gerbang dan Loket Pemandian Air Panas Gonoharjo
Gerbang dan Loket Pemandian Air Panas Gonoharjo

Selain pemandian air panas, di atas lokasi tersebut juga terdapat air terjun yang indah. Tetapi pada saat tim PotensiJateng.com mengunjungi tempat tersebut, lokasi air terjun di atas pemandian air panas sedang ditutup karena alasan perbaikan dan kondisi cuaca saat itu yang kurang mendukung (curah hujan terlalu tinggi). Jadi tim review PotensiJateng.com belum sempat menuju air terjun tersebut.

Nah, tunggu apalagi untuk liburan nanti. Datang saja ke pemandian air panas Gonoharjo untuk menghabiskan liburan Anda dengan berendam air panas dan menikmati pemandangan alam yang indah dan alami.

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *