Pantai Nampu, Pesona Keindahan Pantai Wonogiri

Kab. Wonogiri : Wisata pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diburu oleh pengunjung. Jarak yang jauh dengan lokasi pantai yang tersembunyi tidak menyurutkan semangat pengunjung untuk datang. Mereka rela bersusah payah melalui rute yang tidak jarang masih bermedan ekstrim hanya untuk meluruskan maksud menikmati keindahan wisata pantai yang tersembunyi itu. Jika Anda memiliki minat yang seperti itu, ini ada wisata pantai yang indah sekali di kabupaten Wonogiri. Objek wisata pantai dengan sejuta pesona keindahan pasir putih dan deburan ombak besar nan bersih. Nama objek wisata pantai Wonogiri tersebut adalah Pantai Nampu.

Keberadaan pantai nan indah di Jawa Tengah ini belum banyak diketahui orang. Pantai Nampu berada di Desa Dringo, Kelurahan¬†Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasi Pantai Nampu berjarak kurang lebih 70 KM dari pusat kota Wonogiri, dan berjarak 15 KM dari kecamatan Paranggupito, estimasi perjalanan dari pusat kota Wonogiri kurang lebih 2 jam. Akses termudah adalah melalui kota Wonogiri, meskipun ada jalur alternatif lainnya yaitu melalui kota Solo. Rute perjalanan dari kota Wonogiri ke arah kecamatan Paranggupito, tepatnya menuju ke perempatan Giri Belah dan dilanjutkan menuju desa Dringo, kelurahan Gunturharjo. Jika dari arah Solo dapat menggunakan jalur alternatif melalui jalura Pracimantoro dan jalur Baturetno, yang kedua jalur ini akan bertemu di kecamatan Paranggupito (perempatan Giri Belah). Dan kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju Desa Dringo, kelurahan Gunturharjo. Untuk lebih mudahnya dapat menggunakan fasilitas Google Maps dengan keyword “Pantai Nampu”, tempat ini sudah terdaftar di data Google Maps. Jalannya sudah lumayan bagus karena menggunakan akses jalan kabupaten yang ramai.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Cinta, Keindahan Dan Mitos Cinta

Objek Wisata Pantai Nampu Wonogiri

Pesona utama Pantai Nampu adalah kondisi alam yang masih alami dan belum banyak perubahan. Pasir putih nan bersih dengan keberadaan sampah yang jarang terlihat. Serta ciri khas pantai yang berhadapan dengan samudera Hindia, berkarang dan berombak besar yang selalui beradu baik saat pasang maupun saat surut.

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Nampu, Anda harus mengeluarkan biaya tiket masuk (HTM) sebesar Rp2.000,- per orang (update HTM sesuai kebijakan pengelola). Dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000,- per kendaraan (update biaya parkir sesuai kebijakan pengelola). Biaya yang relatif kecil untuk menikmati keindahan pantai yang luar biasa.

Untuk failitas memang belum begitu banyak. Tetapi sudah cukup untuk MCK dan warung-warung untuk makan yang dikelolah oleh warga sekitar. Salah satu makanan dan minuman yang disajikan adalah es kelapa muda khas Wonogiri. Sangat cocok untuk dihidangkan saat berlibur di pantai.

Artikel Rekomendasi :   Wisata Bahari Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Nampu adalah aset berharga tempat wisata di Jawa Tengah. Jadi pengelolaan harus dibuat lebih baik lagi dan dikembangkan lagi, karena dapat menjadi sumber pemasukan daerah dan rakyat sekitar. Semoga pengembangan wisata Jawa Tengah dapat terus dilakukan untuk memberikan tempat berlibur warga Jawa Tengah khususnya dan warga Indonesia umumnya.

Direkomendasikan liburan kesini di waktu akhir pekan sehingga dapat menikmati suasan sunrise dan sunset di Pantai Nampu, karena berliburnya lebih dari satu hari. Jika Anda ingin berkemah juga ada space khusus untuk pelancong yang ingin berkemah. Jadi jika Anda ingin menikmati keindahan Pantai Nampu segeralah menyusun planning liburan Anda dan berkunjunglah ke Pantai Nampu Wonogiri.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Lerep Indah, Kolam Renang Segar Di Ungaran

Source : tempatwisatadaerah.blogspot.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *