Goa Sarabadak, Yellow Sparkling Cave in Banyumas

Kab. Banyumas – Destinasi wisata alam di Banyumas itu beraneka ragam. Mulai dari wisata pegunungan, hutan, air terjun, sampai goa juga ada di Banyumas. Goa alami di Banyumas yang terkenal sebagai objek wisata alam di Banyumas bernama Goa Sarabadak. Goa Sarabadak memiliki bentuk yang unik dengan warna kuning menyala yang disebabkan oleh endapan air belerang yang terus mengalir sepanjang waktu.

 

Daya Tarik Goa Sarabadak Banyumas

Berwisata ke Goa Sarabadak ini termasuk paket lengkap. Para pengunjung bisa menyejukkan mata, pikiran, dan hati karena pemandangan sawah, sungai, bukit dan hutan yang sangat indah. Daya tarik Goa ini yaitu ada pertemuan aliran air panas dan air dingin yang sangat unik. Di depan Goa Sarabadak ada air terjun kecil di sisinya sehingga semakin membuat pemandangan indah. Ada atap bangunan kolam rendam pribadi yang berada di ujung kiri area Pancuran Pitu. Anda pasti tidak akan bosan sedikit pun saat berada di sini.

Artikel Rekomendasi :   Terkesan Akan Pengalaman Menarik Dari Goa Kreo Semarang
Goa Sarabadak, Objek Wisata Yellow Sparkling Cave in Banyumas
Source image : cilacaprentalmobil.com

Pancuran Pitu sendiri adalah sebuah gerojokan air belerang yang terus mengalir sepanjang waktu dan membawa air panas dengan kandungan belereaeng tinggi. Air panas yang mengandung belerang ini ternyata telah mengalir selama ratusan tahun tanpa henti. Air panas belerang itu mengendap dengan warna kuning terang pada tebing sehingga disebut Tebing Belerang. Objek wisata ini berada di kawasan Baturaden, Purwokerto, Banyumas.

Saat menuruni undakan pasti pandangan akan terpuaskan karena pemandangan lembah hijau elok di depan kita. Dinding berlumut tebal dengan warna hijau kecoklatan melapisi tebing yang tidak tercapai oleh aliran air panas yang berasal dari Pancuran Pitu.

 

Rute dan Alamat Goa Sarabadak Banyumas

Untuk menemukan Goa ini, pergilah ke area Baturraden karena Goa ini berada di dalam kompleks Pancuran Pitu Baturraden. Goa ini secara administratif terletak di Desa Kemutuk Lor, kecamatan Baturaden dan kabupaten Banyumas sekitar 14 KM dari Kota Purwokerto.

Artikel Rekomendasi :   Pesona Wisata Air Terjun Girimanik, Setren

Rute yang harus dilalui untuk menuju Goa Sarabadak merupakan jalan setapak berundak-undak yang cukup curam di sisi kanan dari Tebing Belerang. Jalur ini juga biasa dilalui oleh para penduduk yang berdagang di Pancuran Pitu sehingga tidak hanya para pengunjung yang berjalan melalui jalur itu.

Suasana di area sekitar Goa Sarang masih sepi karena masih sedikit orang yang datang ke tempat ini karena tempat ini belum terlalu dikenal orang dari luar Banyumas. Lubang Goa Selirang berada di posisi kanan pengunjung saat baru datang, layaknya Goa pada umumnya tentu saja gelap. Cobalah terus mendaki undakan berkelok yang tidak terlalu tinggi, lalu menurun agar benar-benar tiba di depan Goa Sarabadak.

 

Biaya Masuk Ke Goa Sarabadak

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya dengan bayar Rp 7.500 maka Anda akan memperoleh kesenangan dan kekaguman kepada ciptaan Tuhan. Pada zaman dahulu, Goa Sarabadak ini menjadi tempat pertapaan para sunan sehingga tempat ini termasuk tempat bersejarah. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam di Goa ini dan area sekitarnya. Keindahan ini tidak boleh hanya sekedar dilihat, harus diabadikan agar kita bisa melihat lagi keindahannya sewaktu-waktu.

Artikel Rekomendasi :   Mari Menapakkan Jejak Di Hutan Mangrove Karimun Jawa

Dengan ulasan ini, sudahkah Anda tertarik untuk mengeksplor Banyumas? Jika waktu libur tiba atau sedang ingin cuti dari rutinitas pekerjaan maka Goa Sarabadak harus masuk daftar rencana kunjungan Anda ya. Selamat menjelajahi Indonesia!

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *