Nasi Gandul Pati, Nuansa Kenikmatan Makanan Khas Bersantan

Kab. Pati : Kabupaten mempunya banyak sekali kuliner yang khas dan dapt dinikmati oleh setiap orang yang mennginjakkan kaki di sini. Kabupaten Pati yang terkenal dengan “Dua Kelinci”-nya ini ternyata juga menyimpan kenikmatan  kuliner yang luar biasa. “Sego Gandul” atau “Nasi Gandul” merupakan salah satu kuliner asli Pati yang patut untuk dinikmati.

Jika ingin merasakan nikmatnya nasi gandul, maka Pati gudangnya. Hampir setiap warung ataupun di sepanjang jalan utama di Kota Pati bisa ditemui warung tenda atau warung makan permanen yang menyediakan nasi gandul. 


Cita rasa kuat pada makanan khas Pati ini, terletak pada kuah jeroan daging sapinya, sedangkan lauk kikil ataupun lidah hanya sebagai pelengkap dan pemanis saja. Kuah jeroan dagung sapi ini dibuat dari sejumlah rempah-rempah dan segala macam bumbu dengan komposisi tertentu akan menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Semakin nikmat, ketika ditambahkan kecap kedelai dan sambal sedikit untuk menambah cita rasa manis pedas.

Pada umumnya, menu makanan khas Pati ini hampir dimiliki daerah lain. Hanya saja, cita rasa kuah dan penyajiannya yang menggunakan daun pisang menjadikan nasi gandul ini tidak ada pesaingnya.

Sebagai pelengkap, hampir setiap penjual nasi gandul menyajikan tempe kering goring. Sebelum digoreng, tempe ini harus dikeringkan terlebih dahulu, agar menghasilkan cita rasa khusus, seperti layaknya makan krupuk.

Setiap porsi nasi gandul biasanya dijual Rp2.500, sedangkan untuk menambah cita rasa dan kenikmatan, bisa ditambahkan kikil atau lebih dikenal kulit pada kaki sapi, lidah sapi, hati, atau jeroan dengan merogoh kocek sekitar Rp4.000/porsi. 


sumber : promojateng-pemprovjateng.com

Artikel Rekomendasi :   Kacang Bogares, Kacang Asin Andalan Kota Tegal

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on Facebook4Tweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *