Mangut Kepala Manyung Layak Dicicipi

Kab. Pati: Masih penasaran tentang daerah ini. Tidak ada habisnya menyimpan berbagai hal yang mengejutkan. Salah satunya yang akan diulas di sini adalah tentang kulinernya. Pati memang terkenal dengan kuliner Sego Gandul (Nasi Gandul) dan Soto Kemirinya, tetapi kali ini bukan kedua kuliner tersebut yang akan diulas, melainkan ada satu kuliner lagi yang layak untuk dicicipi oleh masyarakat umum. Nama kulinernya adalah Mangut Kepala Manyung. Apakah Anda mengenal apa itu Manyung? Ikuti ulasannya berikut ini, dan silahkan Anda datang dan mencicipi kuliner pesisir dengan resep rakyat dan selera pejabat ini. Pasti tidak akan rugi dan tidak akan menyesal.

Ya, bagi Anda orang pesisir atau orang yang dekat laut dan banyak nelayan, kata Manyung memang sudha menjadi bahan pembicaraan sehari-hari. Manyung adalah nama sebuah ikan laut yang memiliki cirri-ciri hampir seperti ikan lele. Hanya saja ikan Manyung memiliki 3 duri di dekat kepala dan punggungnya, sedangkan lele hanya memiliki 2 duri saja. Ikan manyung termasuk dalam komoditas ikan laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Oleh sebab itu, hampir semua bagian dari ikan dapat dimanfaatkan menjadi laut, termasuk kepala ikan Manyung.

Artikel Rekomendasi :   Pindang Serani Segar dan Bergizi Tinggi

Pada umumnya kepala ikan sering kita abaikan ketika makan, tetapi tidak untuk ikan Manyung. Kepala Ikan Manyung memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi untuk konsumsi lauk. Jenis ikan Manyung memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga cukup banyak jika diolah menjadi lauk makan. Seperti hasil olahan yang satu ini, di Kabupaten Pati ada olahan kepala ikan Mnayung yang sangat lezat dan pantas untuk dinikmati. Nama masakannya adalah Mangut Kepala Manyung.

Mangut Kepala Manyung Ekstra Pedas Khas Pati
Mangut Kepala Manyung Ekstra Pedas Khas Pati

Mangut Kepala Manyung banyak dijajakan oleh warung makan yang berada di daerah pesisir kabupaten Pati. Tetapi tidak sedikit juga rumah makan besar di Pati yang menyediakan salah satu menu rumahan masyarakat Pati ini. Ambil saja salah satunya tempat yang banyak menjual menu Mangut Kepala Manyung adalah daerah Juwana. Daerah Juwana memang mendukung untuk kuliner ini, karena di Juwana adal pelabuhan besar tempat pelelangan ikan dari kapal-kapal besar yang banyak menghasilkan/menangkap ikan Manyung.

Artikel Rekomendasi :   Fasilitas Dan Oleh-Oleh Sama Uniknya

Salah satu tempat yang dapat Anda jadikan tujuan untuk menikmati kuliner khas Pati, Mangut Kepala Manyung ada di daerah Juwana, tepatnya ada di depan Markas Besar Kepolisian Sektor Juwana. Warung makan ini berada menempel di samping pabrik rokok Tapel Kuda. Warung makan ini pernah menjadi liputan wisata kuliner yang dibawakan oleh Bondan Prakoso.

Mangut Kepala Manyung Bumbu Pedas
Mangut Kepala Manyung Bumbu Pedas

Tempat lain yang dapat menjadi alternative Anda untuk menikmati Mangut Kepala Manyung ada di kota Pati sendiri. Tepatnya adai Warung Makan Mbak Sari, ada di jalan Tunggul Wulung (Bekas Stasiun Kereta), Pati, Jawa Tengah. Warung makan ini juga menyediakan kuliner khas Pati, Mangut Kepala Manyung.

Jadi, jika Anda sedang berada atau melewati kota Pati atau Juawana, silahkan mencicipi kuliner yang satu ini, dijamin tidak akan menyesal. Harga yang ditawarkan juga harga merakyat, jangan kawatir.

Artikel Rekomendasi :   Kerupuk Catak, Merasakan Kerupuk Dengan Harga Emas

Infomrasi: @sekitar_pati

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 126 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on Facebook17Tweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *