Musim Kerang Laut “Bukur” di Kabupaten Pati

Kab. Pati : Kabupaten Pati yang memiliki wilayah berbatasan langsung dengan laut jawa membentuk deretan pantai yang tenang dibeberapa kecamatan. Pantai yang tenang ini memiliki berbagai hasil laut yang lumayan bervariatif. Salah satunya kerang laut (Bukur). Kerang laut asal Kabupaten Pati ini sudah diperdagangkan ke berbagai wilayah sekitar, seperti kabupaten Kudus Jepara, Rembang, dan Purwodadi. Selain itu ada pula yang sampai di daerah Semarang dan kota-kota lainnya.

Kerang laut yang dihasilkan dipantai wilayah kabupaten Pati tidak dapat tersedia sepanjang tahun. Dalam setahun, hanya satu kali musim. (Bukur) Jadi jenis kerang ini keberadaannya adalah musiman, dan biasnaya setiap musim tidak bertahan lama, sekitar 2-3 bulanan sudah habis. Wilayah yang sering disinggahi kerang jenis ini seperti berada di kecamatan Dukuhseti, kecamatan Tayu, dan kecamatan Trangkil.

Pada bulan ini, Januari 2013 termasuk dalam musim kerang laut jenis ini. Biasanya kemunculan jenis kerang ini (bukur) ditandai dengan perubahan angin yang bertiup dari barat (sebutan masyarakat sekitar “angin barat”). Jenis kerang ini memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Dan keberadaannya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan untuk menambah penghasilannya.

kerang laut bukur

Proses pengambilan atau pencarian kerang ini oleh para masyarakat sekitar dilakukan pada siang hari ketika air laut sedang surut. Dengan keadaan air laut yang sedang surut, dasar laut akan terlihat dan kerang yang bersembunyi di dalam lumpur dan pasir dapat ditemukan dengan mudah. Pada pagi hari menjelang surutnya air laut, pantai di salah satu wilayah penghasil kerang laut ini (kecamatan Dukuhseti) sudah dipenuhi oleh masyarakat yang hendak mencari kerang. Begitu air laut sudah surut lumayan jauh dan dasar laut sudah kelihatan gundukan-gundukan lumpur dan pasirnya, mereka akan masuk ke laut dan mencari kerang. Tidak hanya puluhan orang yang mencari kerang laut ini, bahkan bisa mencapai ratusan dalam setiap harinya.

Artikel Rekomendasi :   Produksi Terasi Jembret Khas Pati

Warga yang ada di sana tidak hanya warga yang memang berkebutuhan mencari kerang sebagai tambahan penghasilan. Tetapi ada juga yang sekedar ingin merasakan rasanya mencari kerang sendiri dan biasanya hasilnya akan dipakai sebagai lauk sendiri, tidak untuk dijual.

kerang laut bukur

Alat yang dipakai untuk mencari kerang seperti ini tidaklah sulit. Cukup membara ember atau peralatan lain yang dapat dipakai sebagai wadah kerang dan bagi yang memang bertujuan untuk mencari kerang yang lebih banyak biasanya membawa alat yang bernama “seser” dan ban sebagai pelampung. Pada pagi hari biasanya kemeriahan mencari kerang ini sering dimanfaatkan warga sekitar sebagai hiburan di laut yang murah meriah, bahkan menghasilkan.

Artikel Rekomendasi :   Alunan Musik Tradisional Tong-Tong Thek

Harga jual kerang jenis ini di pengepul (bakul) lumayan tinggi. Dalam 1 ember berukuran 7 Kg (ember sabun kucing) harganya berkisar antara Rp45.000,- s.d. Rp60.000,- tergantung besar dan kecilnya kerang tersebut. Harga jual di pasar bisa mencapat Rp70.000,- bahkan lebih.

Kerang tersebut diperdagangkan dalam berbagai bentu. Ada yang dikupas (olesi) sehingga tinggal isinya saja. Atau ada yang langsung bersama dengan cangkangnya (kulitnya). Harga yang dipasang juga berbeda. Biasanya harga kerang yang sudah dikupas (dioles) lebih mahal daripada yang masih ada kulitnya.

kerang laut bukur

Kerang ini dapat dijadikan lauk yang lezat bagi semua orang. Salah satunya yang terkenal di kalangan masyarakat kecamatan Dukuhseti adalah kerang sayur kunci (bukur kelo kunci). Rasanya sangan menggoda selera dan mengundang nafsu makan bagi setiap orang.

Artikel Rekomendasi :   Puncak Perayaan Spektakuler di Desa Dukuhseti

Bagi yang berminat merasakan bagaimana sensasi mencari kerang laut sendiri di laut kecamatan Dukuhseti, silahkan datang langsung ke daerah tersebut. Jika ingin ditemani oleh masyarakat sekitar sebagai pemandu dapat menghubungi 085225678157 atau 085640583192 a.n. Juri Setyanto

kerang laut bukurkerang laut bukur

Selain itu juga dapat membeli kerang dengan sesuka hati baik dari pengepul maupun dari pencari kerang langsung. Mencari kerang dengan dihiasi keindahan laut dan tambak ikan bandeng serta pemandangan pegunungan Muria.

Saat ini, bulan Januari 2014 juga sudah mulai musim kerang laut jenis ini. Silahkan datang ke Desa Selempung kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah untuk melihat secara langsung pengambilan kerang bukur.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *