Kacang Bogares, Kacang Asin Andalan Kota Tegal

Kab. Tegal : Kabupaten Tegal yang memiliki letak geografis dataran rendah dan pegunungan karena berbatasan langsung dengan Gunung Slamet memiliki potensi tinggi dalam hal pertanian. Pertanian palawija sangat mendukung daerah ini, salah satu contohnya adalah kacang tanah. Kebanyakan daerah di Tegal merupakan daerah penghasil kacang tanah. Salah satu tempat pengahsil kacang tanah yang memiliki rasa khas adalah desa Bogares. Kacang tanah dari desa ini terkenal dengan nama kacang Bogares yang renyah, gurih, manis, harum, dan warnanya putih bercampur merah.

Kacang dari Desa Bogares memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Gurih, manis, baunya pun harum dan warnanya putih bercampur merah. Dengan bentuknya yang khas, perajin makanan olahan dari bahan kacang-kacangan memanfaatkannya sebagai menu cemilan.

Artikel Rekomendasi :   Kuliner Bernama Unik Dengan Kelezatan Khas Pemalang

Cara pembuatan kacang asin diawali dengan merendam bahan baku di air tawar minimal tiga jam. Selanjutnya kacang direndam di air garam (dibacem) dan di jemur hingga kering.

Setelah melalui proses tersebut, kacang siap digoreng. Dan sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik berisi satu kilogram, kacang harus diayaki (disaring) terlebih dulu untuk memisahkannya dari pasir penggoreng.

Cara menggoreng dengan bahan bakar kayu, dilakukan mulai pukul 08.00-16.00. Selama penggorengan, kacang harus dikorek-korek. Ini dilakukan agar pemanasannya bisa merata sehingga hasilnya memuaskan.

Sumber : tegalkota.go.id

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Berolahraga Pagi dan Berburu Gethok Campur di MAJT Semarang
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *