Jenang Kudus “Mubarok” di Pusat Oleh-Oleh Sinar 33

Kab. Kudus : Kabupaten Kudus memiliki salah satu oleh-oleh yang sudah melang-lang buana. Tidak hanya di masyarakat sekitar dan Indonesia saja yang mengenal oleh-oleh dari Kudus ini, negara-negara lain juga telah mengenal bahkan mengkonsumsi produk oleh-oleh khas Kudus ini. Jenang Kudus “Mubarok” adalah jenang yang khusus dibuat oleh masyarakat Kudus sebagai warisan nenek moyang yang menjadi tradisi dan masakan khas masyarakat Kudus. Salah satu tempat yang menjual Jenang Kudus “Mubarok” ini adalah Toko Sinar 33, Kudus.

Pada awalnya usaha ini dirintis sekitar tahun 1910 oleh pasangan H. mabruri dan Hj. Alawiyah di Desa Kaliputu. Dan sekarang ini, dilanjutkan oleh generasi penerusnya melalui PT. Mubarokfood Cipta Delicia. Sedangkan Toko Sinar 33 merupakan pusat penjualan jenang mubarok. Meski berawal dari jenang, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kemudian terciptalah beberapa variasi jenang yang beraneka rasa. Misalnya saja rasa strawberry, durian, susu, cappuccino, mocca dan anggur. Semua dikemas secara menarik dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari kemasan sachet, deluxe, edisi lebaran, edisi bali, kotak biasa atau slop, tas hingga kemasan kardus paket (kecil, sedang, besar).

Artikel Rekomendasi :   Hangatnya Wedang Ronde Semarang

Selain jenang kudus mubarok, ada juga dodol mubarok yang juga memiliki aneka rasa, seperti rasa cokelat, tiramisu, kismis, jahe susu dan rumput laut. Semua jenis jenang dan dodol ini bisa bertahan hingga 6 bulan. Variasi jenang maupun dodolnya memang cukup banyak, namun untuk kali ini kami mencoba jenang original, mocca dan dodol cokelat. Meskipun beraneka rasa, tapi rasa aslinya tetap dominan, baik untuk jenangnya maupun dodol-nya.

Biasanya toko Sinar 33 mulai melayani para pengunjungnya setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Di daerah Kudus sudah banyak merek jenang yang hampir mirip dengan jenang mubarok, kalau kebetulan membeli di toko-toko lain pastikan terdapat logo kudus mubarok, kudus viva, kudus mabrur, kudus sinar 33, kudus jawa rasa, kudus baginda, kudus semesta untuk jenangnya. Sedangkan untuk dodolnya, ada citra persada dan Claszeto Chocolate dodol. Selain itu, pastikan juga terdapat logo Mubarok Food.

Artikel Rekomendasi :   Warung Makan Mbak Toen Ada Makanan Unik

Detail :

Oleh2 Khas: Jenang & Dodol Mubarok (Rp. 5.000 – Rp. 200.000)

Jam Buka: 08.00 – 18.00

Alamat Lokasi: Jl. Sunan Muria No. 33, Kudus Telp. 0291 432606

 

Sumber : wisatakuliner.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *