Sejuknya Udara Hutan Pinus di Kawasan Hutan Wisata Sreni Indah Jepara

hutan wisata sreni indahKab. Jepara : Masih dalam ruang kekayaan lereng Pegunungan Muria, Kabupaten Jepara memiliki tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kawasan hutan yang penuh dengan tanaman pinus dengan ketinggian yang bervariasi. Pohon pinus yang sudah berumur dan berdaun lebat memberikan kesejukan udara bagi wilayah sekitar hutan ini. Kawasan ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan aktifitas seperti pendagian dan perkemahan. Wilayah dengan luas 110 hektar ini mayoritas dipenuhi dengan pohon pinus yang dikelola oleh Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) kabupaten Jepara.

hutan wisata sreni indahHutan Wisata Sreni Indah, begitulah tempat ini dikenal oleh masyarakat luas. Hutan ini menyuguhkan pemandangan khas pegunungan Muria dengan hiasan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Kawasan hutan yang pernah dijadikan sebagai lokasi Perkemahan Saka Wana Bhakti tingkat Nasional ini berada di Desa Bategede kecamatan Nalumsari kabupaten Jepara. Dari pusat kota Jepara, tempat ini berjarak kurang lebih 35 KM. Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil karena akses jalan sudah tertata rapi dan baik. Selain menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum juga tersedia dalam rute melewati hutan wisata Sreni Indah, tetapi pemberangkatannya tidak selalu ada, sekitar 1 jam sekali. Kondisi jalan di tempat ini sama dengan jalanan daerah pegunungan pada umumnya. Berbelak belok dan naik turun, bahakan ada beberapa turunan dan belokan yang curam. Jadi ketelitiah dan kehati-hatian sangat diperlukan untuk menuju tempat ini.hutan wisata sreni indah

Artikel Rekomendasi :   Festival Perahu Naga Akan Memberikan Kemeriahan di Akhir Bulan Maret 2013

Untuk fasilitas, di tempat ini tidak banyak menyediakan fasilitas. Fasilitas warung-warung makan juga sangat minim karena berada di hutan lindung yang tidak boleh seenaknya mendirikan bangunan. Dengan kondisi seperti itu diharpakan pengunjung menyiapkan bekal secukupnya sebelum melakukan perjalanan ke tempat ini.

hutan wisata sreni indahTempat ini sangat cocok untuk meringankan penat yang didapatkan setelah bekerja sehari-hari. Pada waktu akhir pekan, banyak pengunjung yang datang ke kawasan Hutan Wisata Sreni Indah ini. Sekedar duduk-duduk bersama keluarga di bawah pohon pinus nan lebat, atau bahkan melakukan aktifitas pendagian dan petualangan mengelilingi hutan pinus ini. Pada waktu libur panjang sekolah atau libur akhir pekan, kegiatan berkemah dilakukan oleh beberapa sekolahan di kawasan ini.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Lerep Indah, Kolam Renang Segar Di Ungaran

Kesejukan seperti berada di tempat yang belum pernah dikunjungi, serta pemandangan yang indah khas dengan daerah pegunungan akan dapat ditemukan di Hutan Wisata Sreni Indah, kabupaten Jepara.

Sumber : id.wikipedia.org ; wartapancur.blogspot.com ; jatengtime.com ; powermedia789.blogspot.com

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on Facebook2Tweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *