Hasil Perikanan Laut dan Tambak Kabupaten Demak yang Melimpah

Kab. Demak : Letak geografis yang mendukung dalam sektor perikanan dan kelautan menjadikan mayoritas daerah ini produktif dalam hasil laut dan tambak. Kabupaten Demak merupakan sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan laut Jawa dengan garis pantai yang meluas sampai melingkupi beberapa kecamatan. Bermacam-macam hasil perikanan dan kelautan yang hadir dan dapat ditemu di kabupaten Demak.

 

Kabupaten Demak juga mempunyai potensi Perikanan yang sangat melimpah baik perikanan laut maupun perikanan darat, dengan garis pantai sepanjang 34,71 Km menyebar di 4 kecamatan (Sayung, Karangtengah, Bonang dan Wedung). Potensi lahan pertambakan seluas 10.000 Ha yang menghasilkan bandeng dan udang, kiranya masih dapat dikembangkan untuk budidaya kepiting, kerapu dan sebagainya.

Artikel Rekomendasi :   Produksi Terasi Jembret Khas Pati

Aktivitas perikanan ini didukung oleh 3.594 perahu dengan berbagai jenis dan ukuran, 3.527 nelayan juragan, 6.848 nelayan pandega, 4.022 petani tambak dan 3.113 petani kolam. Sedangkan untuk prasarana lainnya, tersedia pusat pendaratan ikan yaitu PPI Moro Demak di Kecamatan Bonang serta TPI Buko dan TPI Bungo di Kecamatan Wedung.

Hasil perikanan menjadi aset tersendiri bagi wilayah ini yang terus dikembangkan produksi serta jenis produknya. Berbagai sosialisasi tentang peningkatan mutu hasil perikanan ini terus dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal. Hasil produk perikanan tersebut antara lain yakni terasi udang serta ikan asin kering yang dipasarkan hingga keluar daerah.

 

Sumber : promojateng-pemprovjateng.com

Artikel Rekomendasi :   Musim Kerang Laut "Bukur" di Kabupaten Pati

 {jcomments on}

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *