Terkesan Akan Pengalaman Menarik Dari Goa Kreo Semarang

Semarang Kota : Berbicara tentang destinasi wisata baru di kota Semarang, ada salah satu tempat hasil pengembangan yang sangat menkjubkan. Tempat ini memang masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, tetapi kondisi sebagai syarat tempat wisata layak kunjung sudah dapat terpenuhi. Nama destinasi wisata pengembangan baru tersebut adalah Goa Kreo Semarang. Memang nama Goa Kreo sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai tempat wisata, tetapi Goa Kreo yang saat ini berdiri tidaklah sama dengan yang dulu. pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah terhadapa Goa Kreo menjadikan tempat ini menjadi sebuah alternatif wisata bagi warga Semarang dan sekitar. Jika Anda telah membaca beberapa referensi atau pernah berkunjung langsung ke Goa Kreo, pasti Anda akan tahu apa keunikan dari tempat “liar” ini. Jika Anda belum pernah pergi ke Goa Kreo, ikutilah cerita perjalanan kita di Goa Kreo Semarang dalam artikel ini. Kami akan bagikan cerita menarik yang dapat membuat Anda penasaran dan ingin datang langsung ke Goa Kreo Semarang.

Kita awali cerita perjalanan ini dengan menunjukkan terlebih dahulu letak sebenarnya Goa Kreo dan apa sebenarnya Goa Kreo itu. Goa Kreo terletak di Dukuh Talun Kacang Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati, Semarang Kota. Dari pusat kota Semarang jaraknya tidaklah jauh, hanya sekitar perjalanan berkendara selama 20-30 menit. Akses jalan menuju tempat ini juga tergolong sangat baik dan dapat ditempuh dari berbagai jalur. Dari pusat kota Semarang dapat menempuh jalur Manyaran dan dari Boja atau Ungaran dapat menempuh jalur Gunungpati. Goa Kreo dari kisah legendanya merupakan petilasan dari Sunan Kalijaga ketika mencari sebuah kayu yang akan digunakan untuk menjadi tiang utama pembangunan Masjid Agung Demak. Goa Ini memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dan dihuni oleh ratusan kera liar ekor panjang. Goa Kreo berada di sebuah bukit dengan hutan seluas kira-kira 5 hektar di rentetan pegunungan Krincing yang dilalui oleh Sungai Kreo.

Artikel Rekomendasi :   Keindahan Alam di Taman Nasional Karimun Jawa

Goa Kreo yang sekarang tidaklah sama dengan yang dulu. Berbagai perubahan telah dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk menikmati keunikan dari Goa Kreo. Tetapi perubahan yang dilakukan tidak akan mengubah nilai historis yang tersirat pada legenda selama bertahun-tahun. Kawasan Goa Kreo dibangun menjadi sebuah waduk buatan yang luas dan dilengkapi dengan jembatan penghubung dari wilayah pedesaan dan peristirahatan pengunjung dengan lokasi berdiamnya para kera ekor liar yang masih liar. Jembatan inilah yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto dan menikmatisejuknya suasana objek wisata Goa Kreo. Tidak jarang juga beberapa kera datang ke lokasi jembatan sembari menghampiri pengunjung untuk mendapatkan makanan.

Goa Kreo Semarang

Untuk menjelajahi lokasi Goa Kreo, ratusan anak tangga dengan ketinggian yang lumayan curam akan menunggu untuk dipijak. Jadi persiapan fisik lumayan dibutuhkan untuk mejelahi lokasi ini. Tetapi jangan kawatir, meskipun posisinya lumayan curam, keamanan dari rentetan anak tangga ini terjamin dan kuat. Selama mentiti satu demi satu anak tangga, Anda akan merasakan kesejukan udara pegunungan yang segar dan jarang Anda temukan di kota-kota. Hamparan kanan, kiri, depan, dan belakang yang menghijau membuat refleksi saraf menjadi tenang.

Artikel Rekomendasi :   Kenyamanan Istirahat dengan Keindahan Rawa Pening Ambarawa

Lalu apa saya yang menjadi primadona dari objek wisata Goa Kreo Semarang? Itu pertanyaan yang bagus dan pastinya membuat Anda penasaran. Namanya juga primadona, pasti bentuknya sangat indah dan mengesankan. Seperti yang telah kita ketahui dari atas tadi, apa yang ada tentang kera ekor panjang yang masih liar adalah primadona pertama dari tempat ini. Kera yang lalu lalang menghampiri pengunjung, berjalan di tanah, dan berayun di pohon dengan suaranya yang khas memberikan pengelaman langka bagi pengjung. Apalagi ketika kita sampai di mulut Goa Kreo, seakan-akan rajanya kera ada di sana. Kera yang besar-besar berdiam dan menikmati makanan mereka (kacang yang diberikan oleh petugas). Anda tidak perlu takut dengan keberadaan kera-kera tersebut. Asalkan Anda tidak melakukan gerakan yang mengejutkan, mereka (para kera) akan tenang saja dan bisa bersahabat. Jadi yang diperlukan untuk dapat bersandingan di alam dengan para kera ini adalah tetap tenang dan tidak saling mengganggu. [Baca : Keindahan Brown Canyon Semarang Pas untuk Berfoto]

Goa Kreo Semarang

Goa Kreo Semarang

Selanjutnya adalah primadona yang kedua, dari bagian kawasan waduk buatan dan jembatan penyeberangannya. Waduk yang sangat luas berada di depan, belakang dan bawah Anda ketika Anda berada di jembatan penyeberangannya. Sangat indah sekali memandang sekeliling ketika berada di atasnya. Jembatan ini menjadi tempat favorit untuk berfoto, apalagi ketika ada sekawanan kera yang datang menghampiri.

Artikel Rekomendasi :   Agrowisata Belimbing dan Jambu Delima Demak

Primadona selanjutnya yang tidak kalah menariknya ketika senja datang adalah bentuk matahari ketika sunset tiba. Sunset di tempat ini menurut saya sangatlah indah. Anda dapat melihat sang mentari yang akan turun seakan-akan menyentuh puncak gunung dengan tanaman yang lebat. Sunset ini dapat Anda nikmati dari anak tangga pintu masuk jembatan dan samping pagar areal parkir. Sungguh pemandangan senja yang mengesankan.

Senja Goa Kreo Semarang

Tempat ini ramai sekali dikunjungi oleh warga ketika hari menjelang senja (habis waktu Ashar). Tetapi pada waktu liburan tempat ini ramai sepanjang hari. Fasilitas yang disediakan juga lumayan memadahi, ada deratan warung makan, lahan parkir, gazebo, taman, tempat beristirahat dan sholat, dll. Tiket masuk Goa Kreo sangat terjangkau sekali. Jika Anda datang dengan sepeda motor, baiks sendiri maupun boncengan, biaya yang dikeluarkan untuk bayar parkir hanyalah Rp3.500,- per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Sedangkan jika Anda datang dengan mobil, biaya masuk per orang Rp3.000,- dan biaya parkir mobil Rp5.000,-.

Nah demikianlah sedikit ceritaku ketika berkunjung ke Goa Kreo Semarang yang sekarang menjadi primadona baru objek wisata di Semarang. Oh iya, jika Anda berkunjung ke tempat ini harap menjaga baik-baik barang-barang Anda seperti tas, HP, kamera, topi, dll. Jangan sampai diambil oleh kera-kera yang ada di sana.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Natasha berkata:

    Juosss

  1. 30/12/2014

    […] Ketika Anda mengetikkan “Brown Canyon Semarang” di Google, pasti Anda akan menemukan banyak sekali artikel yang mengupas tempat ini. Dan yang lebih mendalam lagi, banyak sekali foto-foto dengan tingkat eksotisme yang tinggi terpampang di internet dari berbagai sumber. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tempat indah ini. Hal-hal tersebut akan saya kupas pada postingan berikut ini. [ Baca : Objek Goa Kreo Semarang ] […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *