Dimanjakan Jernihnya Air Kolam Pemandian Air Alam Muncul

Kab. Ungaran : Cuaca yang panas tidak terasa lagi ketika berada di tempat ini. Tempat pemandian berbentuk kolam renang yang berada di Dusun Muncul, Kecamatan Banyubiru ini akan memanjakan diri Anda dengan kesegaran air alam dari sumber bawah tanah. Pemandian air alam yang terkenal ini dibangun sekitar tahun 1987 dan berasal dari sumber mata air yang keluar pada jaman Belanda dulu. Pemandian air alam yang berbentuk kolam renang ini memiliki kualitas air yang sangat bagus dengan sirkulasi air yang terjaga karena sumber air berasal dair dalam tanah (bawah kolam) dan keluar secara terus menerus. Nama dari tempat ini adalah Pemandian Air Alam Muncul atau lebih dikenal dengan nama “Muncul” saja. Pemandian Air Alam Muncul dapat menjadi salah satu tempat wisata Jawa Tengah untuk aktivitas Wisata keluarga Anda di Jawa Tengah.

Pemandian air alam Muncul dikelola oleh pemerintah daerah kabupaten Semarang. Salah satu wisata Jawa Tengah ini berada di Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Keistimewaan dari pemandian air alam Muncul adalah airnya yang selalu mengalir dan sangat jernih. Hal ini dikarenakan sumber air yang berada di dasar kolam selalu mengeluarkan air, sehingga air akan terus mengalir dari bawah ke atas dan dibuang dari beberapa saluran air di tepian kolam renang.

Artikel Rekomendasi :   Kenyamanan Istirahat dengan Keindahan Rawa Pening Ambarawa
Kolam Renang Pemandian Air Alam Muncul
Kolam Renang Pemandian Air Alam Muncul

Lokasinya sangat nyaman dengan adanya beberapa kolam renang dengan berbagai kedalaman serta adanya loncatan di beberapa titik kolam renang yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk meloncat dan berenang di kolam renang dalam. Selain kolam renang dengan airnya yang jernih, beberapa fasilitas juga sudah tersedia dengan baik seperti fasilitas took-toko makanan ringan dan makanan berat sudah berada di sekitar lahan pemandian air alam Muncul, serta lahan parkir yang nyaman dan lumayan luas.

Tim PotensiJateng.com di Pemandian Air Alam Muncul
Tim PotensiJateng.com di Pemandian Air Alam Muncul

Setiap hari tempat ini ramai pengunjung yang datang untuk menikmati kenyamanan berenang di air yang benar-benar jernih tanpa adanya obat penjernih air seperti pada kolam renang umumnya. Airnya yang sangat dingin dan sejuk sangat menyegarkan badan yang kepanasan setelah perjalanan menuju tempat ini. Ketika sampai di sana, tim PotensiJateng.com melihat tempat tersebut ramai dengan pengunjung yang datang. Pengunjung yang datang ke tempat wisata di Jawa Tengah ini cukup bervariatif dan berasal dari berbagai daerah. Mulai dari anak-anak sampai dengna orang dewasa, mulai dari yang datang sendirian sampai yang datang berombongan sama-sama memiliki tujuan untuk menikmati kenyamanan berenang di pemandian air alam Muncul.

Artikel Rekomendasi :   Pacu Adrenalin di Wisata Arung Jeram Serayu

Di sekitar pemandian air alam Muncul juga terdapat warung makan yang menjual jenis kuliner khas Banyubiru. Nasi pecel yang dikombinasikan dengan berbagai jenis keripik ikan dan lain-lain. Sangat menarik dan enak untuk dicicipi kuliner khas Banyubiru tersebut. Nama warung makan terdekat dan paling terkenal di pemandian air alam Muncul adalah “WR. Mbak Toen”.

Aktivitas di Pemandian Air Alam Muncul
Aktivitas di Pemandian Air Alam Muncul

Di beberapa waktu ada acara khusus yang diselenggarakan di pemandian air alam Muncul. Event yang paling terkenal dari pemandian air alam Muncul adalah event “Padusan”. Tradisi “Padusan” biasanya dilakukan di pemandian air alam muncul pada H-2 bulan puasa. Tradisi ini selalu dilakukan oleh masyarakat sekitar pemandian air alam Muncul untuk menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan untuk umat Islam. Event kedua yang sering dilakukan dan rutin diselenggarakan sebagai event mingguan adalah live music yang dilaksanakan setiap minggu kedua dalam satu bulan.

Artikel Rekomendasi :   Di Pondok Kopi Bisa Menikmati Keindahan Dari Ketinggian

Tidak salah jika pemandian air alam Muncul dijadikan destinasi wisata keluarga di Jawa Tengah. Kenyamanan berenang di air yang jernih dan menyegarkan sangatlah sulit didapatkan di daerah lain. Untuk menuju pemandian air alam Muncul, dari kota Ungaran sekitar 21 KM menuju kecamatan Banyubiru. Dari kota Semarang sekitar 40 KM menuju kecamatan Banyubiru, kabupaten Ungaran. Dan dari Ambarawa adalah yang terdekat, hanya sekitar 8 KM saja menuju kecamatan Banyubiru. Alamat lengkap dari Pemandian Air Alam Muncul adalah Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang dengan akses Jalan Ambarawa – Banyubiru KM. 5.

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Tags:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *