Dawet Ireng Penuh Eksotisme Dari Purworejo

Kab. Purworejo : Indonesia kaya akan kuliner yang khas dari masing-masing daerahnya. Begitu pun juga Jawa Tengah, kaya akan kuliner warisan leluhur yang membawa ciri khas masing-masing dari rasa sampai tampilannya. Ternyata ada kuliner yang eksotis berasal dari daerah di Jawa Tengah, tepatnya dari kabupaten Purworejo. Nama umum kuliner ini sih biasa saja, yaitu “Dawet”. Tetapi ada yang membuatnya berbeda dengan dawet pada umumnya. Kuliner minuman khas Purworejo ini bernama “Dawet Ireng“. Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan seperti apa kuliner ini. Dawet itu adalah sebuah kuliner minuman yang penyajiaannya identik dengan cendol. Sedangkan “Ireng” akan membawa kita berimajinasi mengenai warna, yaitu warna hitam. Tetapi sebenarnya apa yang berwarna hitam, apakah airnya ataukah cendolnya? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.

Dawet Ireng adalah salah satu kekayaan kuliner Purworejo yang saat ini keberadaan tidak hanya terbatas di wilayah Purworejo saja, melainkan hampir di seluruh wilayah Jawa Tengah bahkan sampai ke Jawa Barat dapat kita jumpai. Tetapi yang pasti, asal muasal kuliner ini adalah milik masyarakat Purworejo khususnya dan masyarakat Jawa Tengah umumnya sebagai kukayaan kuliner Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Soto Klethuk, Soto Campur Gethuk

Dawet Ireng Purworejo merupakan kuliner khas dengan resep peninggalan leluhur yang tetap dilestarikan. Kuliner ini memiliki ciri khas warnanya yang berbeda dengan keberadaan dawet pada umumnya. Kuliner dawet yang sering kita jumpai berwarna hijau dan putih, tetapi kerap juga ada beberapa warna cendol yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Lain halnya dengan Dawet Ireng yang justru menggunakan warna hitam yang biasanya jarang disukai oleh orang. Tetapi disinilah nilai eksotisnya, warnanya yang hitam membuat orang penasaran. Dan ternyata di balik warna hitamnya tersebut, Dawet Ireng menyimpan khasiat yang baik bagi orang yang mengkonsumsinya.

Dawet_Ireng_Purworejo
Dawet Ireng Purworejo

Dawet Ireng Purworejo dipercaya masyarakat sekitar mampu meredakan panas dalam dan melancarkan pencernaan. Khasiat tersebut ternyata tidak terlepas dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Semua bahan yang digunakan adalah bahan alami dan tradisional, termasuk pewarna cendol yang membuatnya menjadi hitam eksotis.

Artikel Rekomendasi :   Menikmati Kelezatan Lontong Raksasa dari Kudus, Lontog Tanjung

Bahan-Bahan Dawet Ireng Purworejo

Bahan-bahan dawet ini hampir sama seperti dawet pada umumnya, yaitu: santan, gula jawa, dan cendol. Tetapi ada yang berbeda dengan bahan cendol yang digunakan. Cendol Dawet Ireng terbuat dari tepung aren/sagu dikombinasikan dengan tepung erot dan garam. Sedangkan untuk warnanya yang hitam diambil dari merang (jerami padi) yang dibakar sampai menjadi arang merang dan direndam dengan air kemudian rendaman tersebut yang digunakan sebagai pewarna hitam. Oleh karena itu dawet ini dapat meredakan panas dalam karena menggunakan merang sebagai pewarnanya. Bahan ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuat cincau.

Ketika Anda berada di Purworejo, Dawet Ireng Purworejo banyak sekali dijajakan di warung-warung tradisional atau warung khusus yang menjual kuliner khas Purworejo ini. Selain itu biasanya di beberapa daerah Jawa Tengah terdapat juga penjual Dawet Ireng Purworejo yang eksotis ini.

Artikel Rekomendasi :   Ayam Sambal Ijo Asam Pedas

Sesungguhnya kekayaan kuliner Jawa Tengah ini sangatlah luar biasa banyak. Dan salah satunya adalah Dawet Ireng Purworejo yang membawa rasa khas dan eksotis penuh kashiat. Demikian ulasan singkat mengenai kuliner khas Purworejo, Dawet Ireng ini. Semoga dapat menambah informasi mengenai kekayaan kuliner Jawa Tengah untuk Anda.

Resep Dawet Ireng Purworejo, Klik Disini!

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on Facebook3Tweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *