Curug Nangga Lambang Keindahan Wilayah Barat Banyumas

Kab. Banyumas : Keindahan alam memang tidak mengenal dimana berada. Bahkan didaerah yang sangat jauh dari keramaian dan hanya berisi hutan atau kawasan pertanianpun tersimpan keindahan yang luar biasa. Seperti halnya daerah yang satu ini, wilayah barat kabupaten Banyumas yang menyimpan lambang keindahan alam yang sangat luar biasa. Lambang keindahan alam tersebut bernama Curug Nangga. Belum banyak informasi mengenai salah satu tempat tujuan wisata Banyumas ini. Hanya beberapa orang yang berusaha membagikan pengalamanannya ketiak berkunjung ke tempat ini.

Curug Nangga merupakan sebuah air terjun alami yang masih asri dan memiliki keunikan yang luar biasa, yaitu keunikan di rentetan terjunan air yang mengalir. Terdapat 7 terjunan air yang menjadi rentetan Curug Nangga. Menurut informasi dari blog petualangan sahabat Jateng bernama Olipe Oile (nickname) yang membagikan pengelamannya bersama teman-temannya menjelaskan keindahan yang luar biasa dari Curug Nangga ini. Menurutnya keindahan seperti ini jarang ditemui, karena keindahan Curug Nangga dipadukan dengan keindahan alam sekitar yang terbentuk dari alam dan tangan baik manusia. Hamparan sawan berbentuk terasering menghiasi beberapa bagian sudut pandang dari air terjun. Bahkan sahabat Olipe Oile menyerupakan hamparan sawah tersebut seperti hamparan sawah terasering di Tabana, Pulau Bali. Pasti kebayang kan keindahan sususan sawah jika pernah melihat gambar/foto hamparan sawah di Tabanan, Bali tersebut. Tidak cukup sampai disitu, kejernihan air yang mengaliri terjunan Curug Nangga membuat setiap pengunjung ingin segera berada di dalam air tersebut untuk bermain atau berenang.

Artikel Rekomendasi :   Merasakan Nuansa Jawa di Joglo Hills Villa
curug nangga banyumas

Asyiknya Berenang Di Curug Nangga

Satu lagi sahabat Jateng yang telah membagikan pengalamannya ketika berkunjung ke Curug Nangga adalah Mas Ibnu Rasyid Primawan melalui akun Twitter (@ibebambelbee) yang terhubung ke akun Instagramnya. Mas Ibnu membagikan banyak sekali foto bersama dengan teman-temannya dengan berlatar belakang aliran air Curug Nangga yang indah. Bahkan mas Ibnu membagikan info tersebut dengan tag di akun Twitter pemerintahan kabupaten Banyumas. Hal seperti ini sangatlah positif untuk mengenalkan daerahnya ke kalayak umum.

Tetapi untuk menuju tempat yang begitu indah di Banyumas, Jawa Tengah ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Perlu perjuangan ekstra keras dengan dituntut kekuatan stamina dan fisik yang kuat. Bagi Anda yang sudah terbiasa bertarung dengan keadaan alam yang berat pasti tidak begitu masalah, tapi bagi Anda yang belum pernah mengalami perjuangan di medan alam yang berat perlu persiapan fisik dan stamina yang lebih. Pasalnya, perjalan menuju tempat ini tidak dapat ditempuh langsung menggunakan kendaraan bermotor. Bahkan jalanan yang dapat ditempuh kendaraan bermotor pun sangatlah berat. Jalan naik yang tak beraturan ditambah lagi beberapa jalan yang belum teraspal akan menambah kesulitan dalam mencapai tempat ini. Setelah jalan tempuh kendaraan habis, kendaraan bermotor dititipkan ke rumah-rumah warga, dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan berbatu.

Curug Nangga Banyumas

Berenang di Curug Nangga

Tetapi semua perjuangan berat dalam perjalanan yang melelahkan akan terhempas hilang tak berbekas tatkala sampai di sekitar Curug Nangga. Keindahan alam dan persawahan petani yang sangat indah saat musim tanam perlahan menghempaskan rasa lelah Anda. Begitu sampai di Curug Nangga, badan akan mereasa segar kembali karena terpesona akan keindahan air terjun 7 turunan ini. Begitulah kedua sahabat Jateng tersebut membagikan pengalaman perjalananya menuju Curug Nangga Banyumas.

Artikel Rekomendasi :   Berwisata Jawa di Desa Wisata Karang Banjar Purbalingga

Curug Nangga Banyumas berada di kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, tepatnya berada di wilayah barat Banyumas. Tujuan pertama perjalanan adalah daerah Kecamatan Pekuncen. Selanjutnya bertanya ke warga setempat untuk menunjukkan rute perjalanannya, warga setempat sudh mengetahui keberadaan Curug Nangga tersebut.

Demikianlah sedikit berbagi tempat wisata di Banyumas kali ini dengan bahasan tentang Keindahan Curug Nangga Banyumas, Jawa Tengah. Semoga tempat tersebut tetap terjaga kealamiannya dan tetap memberikan keindahan yang luar biasa bagi pengunjungnya sebagai salah satu tempat wisata Jawa Tengah.

Special thanks to : mbak Olipe Oile and friends ; mas Ibnu Rasyid Primawan and friends

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *