Sarang Madu, Oleh-Oleh Cemilan Khas Kabupaten Pati

sarang maduKab. Pati : Kabupaten Pati memiliki banyak sekali kuliner khas yang menjadi ciri dari daerah. Seperti didaerah-daerah lain, kabupaten Pati juga memiliki kuliner khas berbentuk camilan yang bernama Sarang Madu. Sarang Madu sudah dikenal oleh masyarakat Pati sendiri maupun masyarakat luar daerah. Sarang Madu menjadi makanan khas yang dihidangkan disaat ada acara pernikahan, khitanan, kelahiran, dan acara syukuran-syukuran yang lain. Sarang Madu memiliki rasa yang manis dan renyah saat dimakan. Hampir seperti kerupuk tetapi bukan jenis kerupuk. Sarang Madu adalah kuliner camilan yang patut untuk dicoba ketika Anda singgah di kabupaten Pati.

Sarang Madu dibuat dari tepung beras ketan dan tepung beras biasa yang dicampur dengan aturan saji tertentu. Bahan tersebut dicampur dengan air sampai menyatu dan cukup mengental. Untuk membuat rasa lebih renyah, ada bahan khusus/ramuan khusus yang dicampurkan, tetapi yang pasti ramuan tersebut HALAL. Setelah adonan jadi, proses penggorengan pun tidak sembarang. Untuk membentuk camilan Sarang Madu seperti sebuah sarang burung, perlu teknik khusus untuk membuatnya saat menggoreng. Perlu keahlian khusu dari pembuatnya untuk mebentuk Sarang Madu seperti yang seharusnya. Ada sebuah wadah yang akan digunakan untuk menampung bahan adonan selama digoreng. Wadang tersebut memiliki lubang kecil yang berfungsi sebagai pintu keluar bahan adonan dan membentuk sebuah sarang. Penggorengan pun perlu ekstra hati-hati supaya tidak gosong.

Artikel Rekomendasi :   Soto Klethuk, Soto Campur Gethuk

Setelah selesai digoreng, tahap selanjutnya adalah didiamkan sampai dingin terlebih dahulu. Setelah dingin akan diberi larutan gula jawa yang manis. Larutan gula jawa tersebut akan dioleskan pada satu sisi Sarang Madu. Larutan gula jawa tidak boleh terlalu encer atau terlalu kental. Dengan kekentalan yang tepat, larutan gula jawa akan meresap ke dalam sarang madu setengah jadi tersebut. Setelah diolesi larutan gula jawa dengan kekentalan yang tepat, Sarang Madu siap untuk dijual atau dikonsumsi.

Sarang Madu biasanya banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional di kabupaten Pati. Salah satu pasar yang banyak menjajakan Sarang Madu adalah Pasar Tayu, kabupaten Pati. Di pasar Tayu, banyak pedagang kue yang mejajakan Sarang Madu dengan harga yang terjangkau. Sudah dijamin Sarang Madu yang dijual memiliki rasa yang khas dan tahan lama.

Artikel Rekomendasi :   Pemancingan Anugerah Limbangan Dengan Pemandangan Pegunungan

Untuk membeli Sarang Madu secara online bisa membaca informasi lengkapnya DISINI.

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Tags:
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *