Bukit Cinta, Keindahan Dan Mitos Cinta

Kab. Semarang: Masih di Ungaran, ada sebuah tempat menarik dan indah sekali untuk kalangan anak muda dan liburan buat keluarga. Tempat tersebut ada di kecamatan Banyubiru dan bernama Bukit Cinta. Bukit cinta adalah salah satu tempat wisata di Ungaran yang menyuguhkan pemandangan hamparan luas Rawa Pening. Bukit Cinta menjadi destinasi wisata yang berada di sekitar Rawa Pening bagi kalangan anak muda. Dan jangan salah, nama Bukit Cinta untuk tepat ini tentunya ada cerita menarik yang melatarbelakangi pemberian nama tersebut. Jadi penasaran dengan alasan pemberian nama Bukit Cinta dan apa saja pesona yang dimiliki tempat ini? Baca ulasannya tentang “Pesona Indah Dan Mitos Dari Bukit Cinta BanyubiruBukit Cinta, Keindahan Dan Mitos Cinta” oleh kontributor kami, Bustail Efendi.

View Taman Bukit Cinta Banyubiru
View Taman Bukit Cinta Banyubiru

Bukit Cinta (sebelum diberikan nama) merupakan sebuah tempat tinggi yang dimanfaatkan oleh Pemerintahan Kolonial Belanda sebagai Gardu Pemantau Pertumbuhan Enceng Gondog yang ada terhampar di Rawa Pening. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan enceng gundog karena keberadaan pembangkit listrik tenaga air yang dikembangkan di Rawa Pening oleh kolonial Belanda. Tetapi setelah Indonesia merdeka dan pada tahun 1975, Gardu Pemantau Pertumbuhan Enceng Gondog ini di kembangkan oleh pemerintah Indonesia, tepatnya pemerintah daerah kabupaten Ungaran untuk menjadi Gardu Pemandangan Alam Rawa Pening. Tetapi pengembangan tersebut mulai dikenal dan dapat dinikmati oleh masyarakat umum sejak tahun 1983. Luas area pengembangan tempat wisata Bukit Cinta tidak lebih dari 2 hektar dan di kelola secara langsung oleh pememerintah daerah kabupaten Semarang. Pengembangan sampai dengan sekarang (tahun 2013 akhir) pun terus dilakukan untuk memberikan fasilitas yang memadahi bagi pengunjung tempat ini.

Artikel Rekomendasi :   Pemandian Air Panas Hangatkan Suasana di Pegunungan Ungaran
Tempat Penyewaan Perahu Motor Bukit Cinta Banyubiru
Tempat Penyewaan Perahu Motor Bukit Cinta Banyubiru

Setelah mengetahui sejarah singkat tentang tempat ini (sebelum diberikan nama), sekarang saatnya mengulas tentang nama dari tempat ini, yatu Bukit Cinta. Nama “Bukit Cinta” tidak semata-mata diberikan kepada tempat ini secara begitu saja. Ada sedikit sejarah yang menjadi alasan mengapa tempat ini dinamakan seperti itu. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, alasan mengapa tempat ini dinamakan “Bukit Cinta” karena tempat ini dulunya sering dijadikan tempat “bercinta” (baca: Pacaran_Red) oleh muda-mudi jaman itu. Hah, apakah hanya itu alasannya??? Tentu saja tidak. Ada beberapa alasan lain tentang pemberian nama tempat ini. Alasan yang terbaru adalah semenjak dibuka untuk umum, tempat ini kebanyakan dikunjungi oleh pasangan muda-mudi yang sedang dimadu kasih. Tentu saja nama tempat ini “Bukit Cinta” sangat cocok dari alasan-alasan tersebut di atas.

Artikel Rekomendasi :   Mengintip Fasilitas Hotel Ciputra Semarang
Salah satu gasebo di Bukit Cinta Banyubiru
Salah satu gasebo di Bukit Cinta Banyubiru

Oh iya, ini ada informasi penting bagi pembaca sekalian yang sudah termakan mitos kalau datang ke tempat ini dengan pasangan (kekasih/pacar) bakalan segera putus. Tetapi setelah kami klarifikasi kepada pengelola dan pedagang oleh-oleh di sekitar mengenai hal tersebut, ternyata pernyataan tersebut adalah salah besar dan itu cuma mitos belaka. Banyak orang tua yang sekarang sudah beranak pinak, bahkan bercucu datang kembali ke tempat ini untuk mengenang masa muda mereka. Dan itu membuktikan bahwa, pasangan yang datang ke Bukit Cinta akan segera putus adalah tidak benar dan hanya mitos belaka (nah loh!!!). dan tidak sedikit keluarga atau bapak-bapak dan ibu-ibu yang bernostalgia di sini mengajak sanak family dan bercerita, “di sini lho dulu abah mu nembak umi”. Itu adalah salah satu bukti bahwa mitos itu tidak benar. Jangan biarkan mitos yang belum tentu kebenarannya menghalangi niat Anda untuk menikmati pemandangan yang indah dan mengesankan di Bukit Cinta Banyu Biru. Ciptakan kenangan indahmu bersama pasangan di Bukit Cinta untuk cerita kepada anak cucumu. [Baca : Brown Canyon Semarang Cocok Untuk Berpose Foto]

Artikel Rekomendasi :   Fasilitas Dan Oleh-Oleh Sama Uniknya

Untuk harga tiket masuk hari biasa sebesar Rp6.000,- per orang dan untuk hari libur Rp7.500,- per orang. Sangat terjangkau untuk liburan murah bersama kekasih/pacar dan liburan murah bagi keluarga Anda.

FASILITAS DAN OLEH-OLEH OBJEK WISATA BUKIT CINTA BANYUBIRU >>>

Alamat Gallery
Jalan Raya Ambarawa – Banyubiru
Desa Kebundowo, Kecamatan Banyubiru, Ungaran
Jawa Tengah

Bustail Efendi

Bustail Efendi has written 3 post in this blog.

Graphic Desainer, suka musik, foto, makan, dan jalan-jalan. masih tercatat sebagai mahasiwa IT di semarang, blogger yg jarang nulis dan #Alkhidmah lover

Bagikan : Share on Facebook31Tweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *