Brown Canyon Tujuan Baru Berwisata di Semarang

Kota Semarang : Tidaklah sedikit membahas tempat wisata di Semarang. Akan terus bermunculan labih banyak lagi tempat wisata untuk masyarakat Semarang khususnya dan luar wilayah umumnya. Salah satu tempat wisata Semarang yang sedang naik daun di tahun 2014 ini adalah keberadaan tempat unik yang oleh warga sekitar dan orang yang pernah mengunjunginya disebut sebagai “Brown Canyon”. Nama Brown Canyon memang tidaklan menjadi nama resmi yang diberikan sebagai salah satu tempat wisata yang dikelola oleh pihak tertentu. Tetapi wujud dari Brown Canyon ini sebenarnya adalah sebuah lokasi penambangan tanah (galian tanah). Tetapi meskipun tempat ini menjadi pusat penambangan tanah, keindahan yang ditampilkan layaknya Grand Canyon yang sesungguhnya. Indah sekali tempat ini dan sangat cocok untuk background berpose foto baik sendirian maupun bersama-sama. Itulah yang dapat kami ucapkan setelah kami mengunjungi Brown Canyon tersebut. Ikutilah cerita perjalanan kami berikut ini mengenai tempat wisata Semarang yang baru, yaitu Brown Canyon.

brown+canyon+semarang

brown+canyon+semarang

Ketika Anda mengetikkan “Brown Canyon Semarang” di Google, pasti Anda akan menemukan banyak sekali artikel yang mengupas tempat ini. Dan yang lebih mendalam lagi, banyak sekali foto-foto dengan tingkat eksotisme yang tinggi terpampang di internet dari berbagai sumber. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tempat indah ini. Hal-hal tersebut akan saya kupas pada postingan berikut ini. [ Baca : Objek Goa Kreo Semarang ]

Artikel Rekomendasi :   Lezatnya Kerang Srimping Pak Sangklak Semarang

Ada dimana sih Brown Canyon Semarang itu?
Setelah mencari info dan melihat hasilnya, tentu saja Anda akan merasa penasaran dengan tempat ini. Ada dimana sih tempat yang indah ini, dekat nggak ya?. Jawabannya tentu saja sangat dekat jika Anda ada di wilayah Semarang. Brown Canyon berada di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasinya juga tidak jauh dari lokasi TVRI Jawa Tengah yang di Pucang Gading, Mranggen. Hanya sekitar 2 KM ke arah selatan sudah dapat melihat tempat yang memiliki cita rasa keindahan tinggi ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah waktu berkunjung ke tempat ini. Karena tempat ini masih menjadi proyek galian aktif, jadi akan banyak operasional kendaraan dan alat berat. Sehingga jika Anda ke tempat ini pada jam kerja galian, debu akan berterbangan menghampiri Anda. Saya sarankan Anda datang ketika sore habis Ashar atau pagi sebelum jam 8 pagi. Waktu itu kami datang ke Brown Canyo sekitar pukul 16.30 wib sampai di lokasi.

Artikel Rekomendasi :   Curug Nangga Lambang Keindahan Wilayah Barat Banyumas
brown+canyon+semarang

brown+canyon+semarang

Bagaimana rute menuju ke Brown Canyon?
Untuk rute sendiri dapat dilalui dari banyak jalur. Hanya saja rute yang paling banyak dilalui oleh pengunjung adalah rute rute Semarang Timur. Rute ini melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM Anda akan melihat Brown Canyon Semarang yang menjulang dengan berbagai bentuk. Yang perlu Anda perhatikan adalah jalan menuju tempat ini tidak semulus jalan menuju tempat wisata pada umumnya. Karena ini adalah jalan proyek, maka kondisi jalan adalah berbatu dan bergelombang. Ukuran jalan adalah jalan desa yang hanya muat bersimpangan dua kendaraan roda empat. Jadi kami sarankan jika ke tempat ini lebih baik menggunakan kendaraan roda dua yang bisa lebih fleksibel. Rute inilah yang kemarin kita lalui dengan menggunakan sepeda motor. [Baca : Objek Wisata Desa Kalipancur Semarang ]

brown+canyon+semarang

brown+canyon+semarang

Bagaiman dengan akomodasi dan fasilitas?
Brown Canyon Semarang bukanlah tempat wisata, jadi untuk akomodasi HTM tidak ada. Hanya saja untuk fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, dan lain-lain juga tidak akan ada. Untuk melengkapi akomodasi dan kebutuhan tersebut, lokasi ini lumayan dekat dengan desa, jadi bisa bertandang ke rumah warga atau ke masjid/mushola.

Artikel Rekomendasi :   Terkesan Akan Pengalaman Menarik Dari Goa Kreo Semarang

Brown Canyon Semarang telah menjadi tujuan wisata baru bagi warga Semarang dan sekitarnya. Tidak hanya sebagai tempat menghilangkan penat, tempat ini juga tidak jarang dijadikan lokasi para Photographer mengabadikan pose modelnya. Bahkan yang terbaru kemarin, ada sebuah band indi lokal Semarang yang mengabadikan video klip lagu mereka di lokasi ini.

brown+canyon+semarang

brown+canyon+semarang

Jadi jika Anda datang ke tempat ini dijamin tidak akan menyesal karena keindahan alam yang ditampilkan akan mengalahkan keluh kesah Anda ketika perjalanan menuju tempat ini. Jika Anda tertarik untuk datang ketempat ini dan membutuhkan pemandu, silahkan menghubungi Admin PotensiJateng.com (potensijateng@gmail.com) dan kami akan bantu untuk mencarikan pemandu yang sesuai.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

5 Respon

  1. ozon91 berkata:

    Ini bakalan jadi destinasi wisata terbaru nih bagi yang domisilinya di Jawa Tengah..

    • Juri Setyanto berkata:

      Wah iya gan… tempat ini memang telah mnjjadi target tempat wisata sederhana oleh warga sekitar dan beberapa daerah luar daerah pula.

  2. Tami Suyadi berkata:

    cuman 10 menit Dari rumah tp blm pernah kesana…. ohhh malunya daku

  1. 25/02/2015

    […] Apa ada biaya masuk ke Pondok Kopi Sidomukti? Karena tempat ini sudah dibuka untuk umum, tentu saja biaya masuk (HTM) pasti ada. Ada beberapa biaya kirim yang harus dibayarkan oleh pengunjung, tetap besarnya sangat terjangkau kok. Biaya pertama adalah biaya masuk parkir Umbul Sidomukti sebesar Rp2.000,- per kendaraan roda 2 dan Rp5.000,- per kendaraan roda 4. Setelah masuk ke gerbang utama Pondok Kopi Sidomukti, ada biaya sebesar Rp4.000,- per orang. Dan biaya terakhir adalh biaya parkir di Pondok Kopi Sidomukti sebesar Rp2.000,- per kendaraan roda 2 dan Rp5.000,- per kendaraan roda 4. Dengan biaya total dari yang sudah dikeluarkan tersebut, Anda sudah dapat menikmati keindahan pemandangan dari ketinggian dan bebas berkeliling taman yang luas sekali. Untuk memesan makanan atau minuman di Pondok Kopi Sidomukti ada biaya berdasarkan menu sendiri. Tetapi Anda tidak harus memesan ketika datang kesini, jadi tidak ada tanggungan wajib membeli jika hanya sekedar ingin menikmati keindahan pemandangan alam dari ketinggian. [Baca : Brown Canyon Menjadi Primadona di Semarang] […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *