Keelokan Batur Agung Kedungbanteng Banyumas

Kab. Banyumas – Menikmati hari libur biasanya diisi dengan kegiatan berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan berlibur ini biasanya diimplementasikan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, baik yang sudah terkenal maupun yang masih belum terekspos. Semuanya memiliki maksud dan tujuan masing-masing dalam menikmati hari libur mereka. Ada yang berkunjung ke pantai, ke gunung, ke kolam renang, ke tempat wisata sejarah, dan lain-lain. Dan biasanya jarak tidak menjadi masalah untuk menemukan pengalaman yang baru ketika berlibur. Jika kalian pecinta wisata alam yang berlokasi di pegunungan, kami ada rekomendasi untuk kalian terutama yang berdomisili di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Nama objek wisata di Banyumas tersebut adalah Batur Agung Kedungbanteng, Banyumas.

Batur Agung menyuguhkan kawasan wisata di Banyumas yang lengkap seperti halnya yang ada di Baturraden. Destinasi ini juga cocok untuk semua kalangan, baik muda ataupun tua sehingga bisa untuk wisata keluarga atau wisata asik ala kids zaman now. Tempat wisata Batur Agung memiliki konsep wisata alam yang indah. Kesejukan udara tidak perlu diragukan lagi karena berada dekat Gunung Slamet. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati berbagai permainan seru seperti ATV, Flying Fox, arung jeram, waterpark, kebun buah, kereta mini, bahkan ada juga situs purbakala. Penasaran ingin mengunjungi tempat ini? Berikut ini informasi lengkapnya yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman.

Keelokan Wisata Batur Agung Banyumas

Wahana Wisata Di Batur Agung Kedungbanteng Banyumas

Batur Agung Kedungbanteng terkenal dengan wisata airnya, seperti kolam renang dan waterpark. Di area kolam renang tersedia berbagai model papan peluncur serta ada air tumpah yang membuat suasana semakin seru. Hal spesial dari kolam renang di sini adalah air yang digunakan berasal dari pegunungan (alami) yang terus mengalir dan tanpa bau obat penjernih air. Kemudian di tepian kolam rengan terdapat beberapa Gazebo Tradisional yang terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Tempat yang benar-benar nyaman untuk bersantai atau makan dan minum. Makanan dan minuman bisa bawa sendiri dari luar atau beli di warung yang ada di depan lokasi kolam renang. Jangan sampai lupa juga untuk menyantap mendoan, makanan khas Banyumas dan teh poci yang merupakan minuman khas pula.

Artikel Rekomendasi :   Tugu Muda Semarang Di Malam Hari Memang Keren

Tangga Flying Fox Batur Agung

Di area tidak hanya ada kolam renang, tetapi ada banyak fasilitas lainnya. Salah satu yang digemari adalah flying fox. Panjang lintasannya flying fox di Batur Agung mencapai 125 meter hingga melewati kolam pancing. Cukup panjang kan lintasannya? Tenang saja, tak perlu takut karena para pengunjung yang bermain flying fox pasti didampingi instruktur berpengalaman dan bersertifikat sehingga terjamin aman. Jika sudah merasakan flying fox maka Anda juga merasakan keseruan lainnya yaitu naik ATV, panjat jaring, dan outbound.

Kolam Pemancingan Di Batur Agung

Bagi yang suka memancing, Anda juga bisa memancing di tempat ini. Terdapat kolam yang luas, rapi dan terawat dengan latar sawah terasering di perbukitan di kaki Gunung Slamet. Membayangkannya saja sudah asyik ya, memancing sambil memandangi panorama yang elok. Jika tidak bawa atau tidak punya peralatan pancing, bisa menyewanya di area pemancingan dengan harga sewa yang cukup murah.

Artikel Rekomendasi :   Goa Sarabadak, Yellow Sparkling Cave in Banyumas

Biaya HTM di Batur Agung Kedungbanteng Banyumas

Murah saja untuk masuk ke tempat wisata ini. Anda hanya harus membeli tiket seharga Rp. 10.000 per orang. Jam operasional kolam ini yaitu pukul 8 pagi hingga setengah 5 sore. Untuk para backpacker atau para pengunjung dari daerah lain bisa naik angkutan umum menuju ke kolam Baturagung. Angkutan umum yaitu angkot pedesaan sampai di Baseh, lalu dilanjutkan naik ojek karena tidak ada angkutan umum mobil sampai di tempat wisata.

Kawasan wisata yang sejuk dan indah ini juga bisa dijadikan untuk tempat foto para model profesional atau pre wedding. Terdapat sungai dengan bebatuan dan air jernih yang tidak terlalu deras alirannya sehingga semakin memperindah suasana dan pemandangan.

Lokasi dan Rute Ke Batur Agung Kedungbanteng

Batur Agung terletak di Kedungbanteng, Banyumas. Jarak tempuh sekitar 30 menit dari kota Purwokerto menggunakan kendaraan sepeda motor. Untuk menuju ke Kolam Batur Agung lebih mudahnya melalui Alun-Alun Purwokerto lalu menuju arah barat hingga pertigaan pasar Karanglewas.

Kemudian di pertigaan pasar Karanglewas belok kanan ke arah utara hingga Kedungbanteng. Patokannya, setelah Pasar Sinom ada pertigaan lalu belok kiri hingga menemui pertigaan menuju Baseh Baturagung. Setelah sampai di gapura “Selamat Datang Kawasan Pembibitan Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng” maka jalan terus hingga sampai di gapura desa Kali Salak.

Gapura selanjutnya yaitu gerbang Selamat Datang di Desa Baseh, Kawasan Wisata Batur Agung, Mount of Fun. Berarti Anda sudah sampai di tempat ini jika sudah melihat gapura tersebut. Jika naik motor kalian harus berhati-hati karena cukup banyak lubang kecil di jalan. Setelah melihat masjid Hidayah, belok ke kanan sampai ke SMP 4 masih lurus saja. Setelah melihat beberapa kedai kopi atau warung makan dengan pemandangan sawah yang asri maka Anda sudah dekat dari Kolam Batur Agung. Di Situs Cagar Budaya Batur Agung terdapat petilasan Raden Kamandaka, jika ingin masuk maka harus minta izin juru kunci terlebih dahulu. Kemudian naik ke atas hingga bertemu pertigaan maka belok kiri untuk menuju Kolam Batur Agung berjarak sekitar 500 meter.

Artikel Rekomendasi :   Surya Yudha Park, Destinasi Wisata yang Menarik

Nah sudah cukup jelas kan untuk rute dan alamatnya? Jika masih bingung bisa cari rute jalannya di Google Maps. Objek wisata Batur Agung sudah ada di Google Maps. Selamat berkunjung dan selamat berlibur bersama keluarga dan orang terdekat kalian. Berikut ini kami sertakan informasi hotel murah di Purwokerto jika kalian membutuhkannya nanti.

Retno Ayu Kusuma

Retno Ayu Kusuma has written 1 post in this blog.

Saya adalah seorang guru yang suka menulis sehingga merangkap sebagai seorang blogger. Hobi saya traveling dan menuliskan pengalaman tentang destinasi wisata yang akan saya kunjungi atau telah saya kunjungi. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi semua pembaca di PotensiJateng.com.

Bagikan : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *