Air Terjun Tretes Wujud Indah Wilayah Pati

Kab. Pati : Sangat bangga rasanya mengulas tentang kabupaten di bagian Utara Jawa Tengah ini. Selain sebagai tanah kelahiran saya sendiri, kabupaten Pati memiliki keistimewaan dengan wilayah yang memiliki potensi berbeda-beda. Wilayah kabupaten Pati banyak sekali memberikan kontribusi wisata Jawa Tengah yang menawan. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai potensi pegunungan yang menarik di Kabupaten Pati. Potensi yang akan saya ulas mengenai Air Terjun Tretes di kabupaten Pati. Air terjun yang menjadi daya tarik di wilayah pegunungan ternyata juga dimiliki oleh kabupaten Pati. Tidak banyak orang yang tahu tentang potensi wisata Pati yang sangat indah dan alami ini. Mari kita ulas mengenai tempat wisata Pati yang belum terekspos secara umum ini, objek wisata Air Terjun Tretes.

Air terjun Tretes merupakan bagian dari dua air terjun di desa Gunungsari, kec. Tlogowungu, Kab. pati, Jawa Tengah. Warga sekitar lebih mengenal nama gabungan dari dua air terjun yang berdiam di desa tersebut dengan sebutan Air Terjun Santi. Air terjun Santi dibentuk dari dua air terjun yang terpisah dan memiliki ketinggian yang berbeda, yaitu Air Terjun Tretes dan Air Terjun Jenar. Meskipun air terjun Santi ini terbagi menjadi 2 air terjun yang terpisah, tetapi keindahan yang ditampilkan tidak akan pernah terbagi dan mengurangi antar air terjun. Keindahan yang ditampilkan sangat luar biasa dan memanjakan pengunjung yang datang.

Artikel Rekomendasi :   Festival Perahu Naga Akan Memberikan Kemeriahan di Akhir Bulan Maret 2013
Air Terjun Tretes Kabupaten Pati
Air Terjun Tretes Kabupaten Pati

Air terjun Tretes memiliki karakteristik air terjun yang kecil dengan debit air tidak terlalu besar dan dengan kedalaman terjunan air tidak terlalu dalam. Air terjun Tretes memiliki jarak tempuh dari pusat pemukiman yang tidak terlalu jauh, sehingga pada hari libur tempat ini dipenuhi oleh pengunjung dari daerah asli maupun dari daerah sekitar. Faktor belum terkenal dan kurangnya informasi yang tersebar membuat tempat yang indah ini belum optimal dinikmati oleh pengunjung luar daerah.

Pemandangan Sekitar Air Terjun Tretes
Pemandangan Sekitar Air Terjun Tretes

Air terjun Jenar memiliki karakteristik berbeda dengan saudaranya yang terletak dibawahnya. Air terjun Jenar memiliki debit air yang lebih besar dengan kedalaman terjunan air yang lebih dalam dari Air Terjun Tretes. Jarang tempuh sekitar 500 meter di atas air terjun Tretes.

Keindahan air terjun ini berpadu serasi dengan perkebunan kopi milik warga yang tumbuh dengan subur di lereng tebing timur Gunung Muria. Sungguh menjadi pemandangan yang memanjakan pengunjung untuk membantu menghilangkan kepenatan.

Artikel Rekomendasi :   Melihat Sunset dan Sunrise dari Pantai di Desa Dukuhseti
Aliran Sungai Air Terjun Tretes
Aliran Sungai Air Terjun Tretes

Air terjun Santi (Air Terjun Tretes dan Air Terjun Jenar) berada di wilayah kabupaten Pati bagian utara barat, tepatnya berada di Dukuh Santi, Desa Gunungsari. Akses jalan menuju lokasi air terjun dapat ditempuh dari beberapa jalur. Pertama dari jalur Dukuh Santi, Desa Gunungsari dan yang kedua dari Dukuh Jetir, Desa Tanjungsari. Biasanya akses jalan termudah yang paling banyak dilalui oleh pengunjung adalah melalui Desa Gunungsari.

Akses dimulai dari kota Pati yang kemudian dilanjutkan ke arah jalur Pati-Tayu. Sesampai di kecamatan Trangkil, akan dimulai jalur utama menuju ke desa Gunungsari. Jalan utama tersebut tepatnya berada di depan Puskesmas Trangkil. Ikuti jalur utama tersebut sampai di desa Gunungsari. Desa tersebut adalah pemberhentian terakhir untuk ke air terjun Tretes. Kendaraan akan dititipkan di perumahan warga dengan membayar biaya parkir sekitar Rp2.000,- per kendaraan.

View Air Terjun Tretes Kabupaten Pati
View Air Terjun Tretes Kabupaten Pati

Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 KM dengan medan jalan setapak yang dikelilingi oleh pemandangan indah hutan dan kebun kopi.

Untuk fasilitas dan akomodasi memang sangat minim sekali karena belum optimal pengelolaan oleh pemerintah daerah. Tetapi jangan kuatir, keindahan tetap terjaga dengan baik meskipun tanpa pengelolaan.

Artikel Rekomendasi :   Menikmati Keindahan Perkebunan Kopi dan Bumi Perkemahan Kabupaten Pati

Tertarik untuk datang ke sana? Menghabiskan waktu liburan dengan orang-orang terdekat tidak akan kecewa berkunjung dan menikmati keindahan air terjun Tretes.

Demikian sedikit ulasan saya tentang objek wisata mempesona dan alami di kabupaten Pati, Air terjun Tretes dan Air terjun Jenar. Air terjun yang masih alamai ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Jawa Tengah kedepannya. Semoga dapat memberikan informasi objek wisata menarik untuk keluarga Anda ketika menginjakkan kaki di Kabupaten Pati.

Sumber : adipratamaputra.wordpress.com ; sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-tengah/air-terjun-santi—ati

Alamat dan Ordinat GPS :

Dukuh Santi, Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
6° 37′ 45.98″ S  110° 56′ 43.41″ E (GPS)

Juri Setyanto

Juri Setyanto has written 127 post in this blog.

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan : Share on Facebook44Tweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisEmail this to someone

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *