5 Pesona Wisata Alam Terbaik Di Tanah Kelahiran R.A. Kartini

Kab. Jepara – Kabupaten Jepara tidak hanya mempunyai wisata religi, ada banyak tempat menarik dari alam Jepara. Jepara memiliki banyak sekali potensi wisata bahari dan alam yang layak dikunjungi. Berikut ini kami rangkumkan beberapa tempat wisata alam rekomendasi di Jepara.

Tempat wisata ini dapat dijadikan sebagai destinasi traveling saat liburan nanti. Semoga beberapa referensi tempat wisata alam di Jepara ini dapat menarik perhatian kalian.

Mungkin ketika mendengar nama Jepara, kalian langsung teringat dengan salah satu pulau terindah di dunia, Karimun Jawa. Tetapi tanpa mengurangi pengetahuan kalian tentang Jepara, berikut ini kami berika informasi beberapa tempat wisata alam yang juga tidak kalah indahnya.

Jadi kalian dapat menikmati keindahan alam Jepara dari berabagai potensi wisatanya.

5 wisata alam di jepara

Photo credit: twisata.com

 

5 Pesona Wisata Alam Terbak Di Tanah Kelahiran R.A. Kartini

Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa terletak sekitar 83 km ke arah barat laut dari Kota Jepara. Berlokasi tidak begitu jauh dari pusat kota, taman ini memiliki luas area sebesar 107.225 hektar. Tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan juga terumbu karang.

Kepulauan yang ada di taman nasional ini memiliki total sebanyak 27 pulau. Semua pulau disana termasuk ke dalam cagar alam laut yang dilindungi oleh pemerintah. Karena termasuk ke dalam taman nasional, tidak heran keasrian dan keindahan alam ini benar-benar masih terjaga. Dan akhirnya keindahan itu menarik banyak minat dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Artikel Rekomendasi :   Tenun Troso Jepara, Warisan Nenek Moyang yang Membawa Kemakmuran

Ketika berkunjung ke Karimun Jawa, para pengunjung bisa melakukan kegiatan air seperti snorkeling. Kalian bisa melihat keindahan surga bawah laut dari Taman Nasional Karimun yang masih sangat terawat. Di sini kalian juga bisa menemukan sekitar lebih dari 90 jenis karang keras dan 242 jenis ikan hias.

Jika kalian berencana berlibur ke Karimun Jawa, informasi tentang hotel di Karimun Jawa ini mungkin akan membantu.

 

Pantai Kartini

Pantai Kartini terletak di antara objek wisata Karimun Jawa dan juga Pulau panjang. Pantai ini merupakan tempat paling populer bagi masyarakat lokal Jepara dari semua kalangan usia. Agar bisa menikmati keindahan Pantai Kartini, para pengunjung cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp3.000 saja. Dan biaya parkir yang menyesuaikan kendaraan apa yang kalian bawa.

Pantai ini merupakan jalur penghubung dan kawasan transportasi pengunjung untuk mengunjungi Karimun Jawa dan Pulau Panjang. Pantai yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar ini juga menjadi lokasi pelaksanaan ‘Lomban’.  Acara tradisional penduduk setempat ini dilaksanakan tepat seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Artikel Rekomendasi :   Merasakan Nuansa Jawa di Joglo Hills Villa

Tidak sekedar pantai, di sini kalian juga akan menemukan beragam wahana. Wahana yang terkenal diantaranya kura-kura ocean park, wahana permainan anak, dan spoor mini.

 

Pulau Panjang

Untuk kalian yang ingin mencari suasana yang tenang, Pulau Panjang dapat menjadi pilihan utama. Pulau Panjang memiliki air laut yang dangkal, air laut yang jernih, dan pantai pasir putih. Jernihnya air membuat penampakan dasar terumbu karang di pulau ini bisa terlihat sangat jelas.

Berjarak hanya sekitar 2,5 km dari Pantai Kartini, keindahan dari pulau ini berhasil memikat banyak wisatawan. Di pulau ini kalian dapat berenang, snorkeling, dan juga bermain kano.

 

Air Terjun Songgo Langit Jepara

Meskipun termasuk ke dalam area pesisir, wisata Jepara tidak hanya pantai. Jepara sendiri memiliki banyak sekali wisata alam yang indah dan juga elok, salah satunya Air Terjun Songgo Langit. Air terjun ini berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang atau sekitar 30 km arah utara dari pusat Kota Jepara.

Air Terjun Songgo Langit

Photo credit: telusurindonesia.com

Air terjun Songgo Langit memiliki total ketinggian 80 meter dan juga lebar air yang mencapai 3 meter. Karena tingginya air terjun ini seolah tampak air yang jatuh sedang menyangga langit. Jika kalian tidak percaya, mungkin kalian bisa melihatnya langsung.

Artikel Rekomendasi :   Karimun Jawa, Keindahan Kepulauan di Kabupaten Jepara

Kalian juga bisa menikmati indahnya kupu-kupu berwarna-warni yang cantik dan sering sekali terlihat disekitar air terjun. Bagi kalian yang sangat suka dengan udara sejuk dan damainya alam, sangat cocok kesini.

Berwisata ke Air Terjun Songgo Langit dapat menjadi ide yang bagus untuk liburan kalian selanjutnya.

 

Danau Blingoh

Keberadaan danau ini memang sama sekali belum terkenal dan populer sebagai destinasi wisata di Jepara. Bahkan untuk nama danau ini saja sebenarnya belum ada nama resminya. Tempat ini berada di dalam desa Blingoh tepatnya di dukun Lembah, Desa Blingoh, Kecamatan Donorejo.

Danau ini terbentuk karena adanya genangan bekas air penambangan batu putih yang tidak pernah direklamasi. Danau ini memang berukuran cukup kecil, namun pemandangannya tetap cantik. Apalagi ditambah dengan warna air danau yang biru kehijauan. Sangat nyaman untuk dipandang dan dinikmati keindahannya.

Demikianlah beberapa rekomendasi wisata alam di Jepara yang sayang untuk kalian lewatkan. Untuk kalian yang ingin pergi ke Jepara, pastikan kalian sudah menemukan tempat menginap atau hotel di Jepara yang nyaman dan sesuai dengan budget agar liburan kalian terasa semakin menyenangkan. Kalian bisa melihat daftar-daftar hotel yang ada di Jepara lebih mudah melalui aplikasi Traveloka yang memberikan harga tanpa tambahan booking fee.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *